BerandaUncategorizedPutus Penyebaran PMK, DKPP Pamekasan Siapkan 3.000 Dosis Vaksin

Putus Penyebaran PMK, DKPP Pamekasan Siapkan 3.000 Dosis Vaksin

Narasinews.idPAMEKASAN – Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terus meluas di Kabupaten Pamekasan, Madura. Setidaknya ada sekitar 5.000 ekor sapi yang terpapar.

Untuk memutus mata rantai penyebaran wabah PMK ini, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan akan melakukan vaksinasi PMK perdana. Kegiatan tersebut nantinya menyasar 3.000 ekor sapi.

Indah Kurnia Sulistiorini, Plh Kepala DKPP Pamekasan mengatakan, vaksinasi PMK perdana ini akan dilakukan di 13 kecamatan, dan 33 desa. “Kami sudah mendapatkan lokasi 3.000 ekor sapi yang siap divaksin,” ujarnya, Rabu (29/6/2022).

Guna mendukung kegiatan tersebut, pihaknya menerjunkan 36 vaksinator yang disebar ke lokasi itu. “Setiap desa akan ada 4 sampai 5 petugas vaksinas. Dengan jumlah vaksin 50 hingga 100 dosis,” beber Indah.

Indah menyampaikan, kriteria sapi yang divaksin PMK harus sehat. “Jika sakit tidak kita vaksin. Untuk yang sudah pernah terpapar PMK, itu nunggu sekitar 6 bulan baru bisa di vaksin,” imbuhnya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dengan adanya wabah PMK ini. Sebab virus PMK tidak menular pada manusia.

“Dari hari ke hari, memang semakin naik datanya (sapi yang terpapar PMK -red). Karena transisinya yang meningkat akan tetapi sudah banyak juga hewan yang sembuh,” tegasnya.

Jika ada hewan ternak sakit, lanjut Indah, warga bisa menghubungi Call Center PMK di nomor 082302070355 dan Call Center Qurban di nomor 082333440400. “Tidak usah panik dengan virus ini. Untuk mengendalikannya memang butuh kerjasama yag baik. Nantinya akan ada petugas yang turun kelapangan dalam mencegah PMK,” pungkas Indah. (zyd/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular