Berita  

Pupuk ZA Subsidi di Situbondo Langka

Narasinews.id
Komisi II DPRD Situbondo menggelar RDP terkait kelangkaan pupuk ZA bersubsidi di wilayah setempat. (Narasinews.id)

Narasinews.idSITUBONDOKomisi II DPRD Situbondo menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, distributor pupuk, kios pupuk, pengawas pupuk, dan PT. Petro Kimia, Rabu (22/6/2022).

Ketua Komisi II DPRD Situbondo, Siswo Pranoto mengatakan, RDP ini menindaklanjuti laporan dari petani yang sulit mendapatkan pupuk ZA bersubsidi.

banner 400x130

“Laporan pertama datang dari kelompok petani di beberapa kecamatan yang kesulitan mendapat pupuk bersubsidi ZA. Ternyata ada juga petani yang datang ke rumah saya, dia mengeluhkan hal serupa,” ucapnya di Gedung DPRD Situbondo.

Menurut legislator Partai Golkar ini, kelangkaan pupuk ZA bersubsidi itu disebabkan oleh keterlambatan exspidisi dari PT. Petro Kimia di Gresik ke Gudang PT. Petro Situbondo. Hal ini terbukti dari jumlah usulan di e-RDKK sebanyak 5.674 ton yang itu harus dipenuhi 100 persen.

“Dari jumlah tersebut pada termint pertama telah di distribusikan kepada distributor sebanyak 3.982 ton. Sehingga sisanya tinggal 1.692 ton, dan didistribusikan lagi di termint kedua sebanyak 775 ton. Jadi di termint kedua masih ada sisa 917 ton. Nah yang 917 ton ini kemana?,” ucapnya.

Siswo mengimbau kepada PT. Petro Kimia segera mengirim 917 ton pupuk ZA bersubsidi. Sebab kuota itu sudah masuk e-RDKK tahun 2022.

“Pihak Petrokimia minta petani untuk melengkapi administrasi terlebih dahulu. Ini kan para petani jadi kambing hitam terus,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan sidak ke Gudang PT. Petro Situbondo. “Kita ingin memastikan apakah yang 917 ton ini sudah dikirim oleh PT. Petro Kimia,” pungkasnya.

Sementara itu, Jurnalis Natasinews.id mengkonfirmasi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Situbondo, Hariyadi Tejo Laksono melalui sambungan telepon seluler pukul 16.01 WIB tidak dijawab. (ros)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.