BerandaNasionalPTPN X Bondowoso Minta 11 Lapak PKL Santawi Digusur

PTPN X Bondowoso Minta 11 Lapak PKL Santawi Digusur

Narasinesw.id,-BONDOWOSO – Sebanyak 11 warung pedagang kaki lima (PKL) yang ada di Jalan Santawi, Nangkaan Bondowoso, terancam  digusur, sebab bangunan warung mereka menempati tanah milik PTPN.

Kepala Bidang Penegakan daerah (Kabid GakdaSatpol PP Bondowoso, Awan Boedyono, dikonfirmasi jurnalis Narasinews.id membenarkan kabar tersebut.

Dia mengatakan, PTPN sudah setahun mengajukan surat penggusuran  terhadap para PKL yang menempati tanahnya.

“Ini prosesnya memang panjang, setahun lalu PTPN ngajukan permohonan penggusuran, tapi kami masih berusaha melakukan pendekatan kepada para PKL”  kata Awan, Selasa (28/6/2022).

Untuk itu, pihaknya melakukan mediasi  dengan cara mempertemukan pihak PTPN  X dengan para PKL di Kantor Satpol PP setempat, untuk berembug agar nantinya ada jalan keluar (win-win solution).

“Kemarin mereka sudah bertemu (PTPN dan PKL.red) di kantor kami. Mereka menyampaikan aspirasi dan uneg-unegnya. Ini masih pertemuan pertama, nanti ada pertemuan lanjutan, artinya belum final” ujar Awan.

Sementara itu, perwakilan PKL, Miftahul Huda mengatakan, pemerintah daerah hendaknya memperhatikan nasib para pedagang, dengan mempertimbangkan aspek ekonomi. Sebab, mereka memiliki ke     luarga yang harus dinafkahi dengan cara berjualan.

“Dinas terkait, seperti Dinas Pe6rdagangan, bisa memberikan semacam pemberdayaan ekonomi dan solusi bila nantinya mereka digusur, namun kami berharap pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan yang sekiranya tidak merugikan satu sama lain” kata Miftah.

Miftah menilai, rencana penggusuran y oleh pihak PTPN X adalah rencana yang yang berdampak pada kehidupan nasib masyaraat yang menggantungkan pendapatannya dengan cara berjualan.

“Karena ini masih tahap awal mediasi, semoga nanti ada solusi yang tidak merugikan PKL,  serta bagaimana pihak PTPN juga tidak dirugikan, kita ke depankan win-win solution” pungkasnya.(Ubay)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular