Berita  

Polres Bondowoso Gelar Lomba Siskamling, Apa Pentingnya?

Narasinesw.id
Satbinmas Polres Bondowoso usai melalukan penilaian lomba Siskamling di Desa Klabang. ( Humas Polres form Narasinews.id)

Narasinesw.idBONDOWOSOPolres Bondowoso, Jawa Timur menggelar lomba sistem keamanan lingkungan (Siskamling). Hal tersebut dilakukan guna mengaktifkan kembali siskamling karena budaya tersebut dinilai cukup efektif menjaga keamanan lingkungan di kampung.

Lomba Siskamling untuk memperingati HUT Bhayangkara ke-76 ini, Polres Bondowoso berharap peran serta masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan secara mandiri meningkat.

banner 400x130

Kapolres Bondowoso, AKBP Wimboko, mengatakan sengaja menggelar lomba ini untuk menghidupkan kembali Siskamling di tiap desa. Tujuan akhirnya yakni bisa mencegah terjadinya kriminalitas dan terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Jadi melalui lomba ini kami ingin masyarakat bisa turut terlibat langsung menjaga keamanan lingkungannya,” ucap Kapolres Wimboko, Jumat (24/6/2022).

Ia menerangkan, pihaknya juga melibatkan unsur Satbinmas, TNI dan kecamatan dalam penilaian lomba tersebut. “Semua pihak terlibat dan memberikan masukan,” tutur Wimboko.

Adapun pelaksanaannya sendiri selama tiga hari, mulai tanggal  20 sampai 24 Juni 2022. Ia berharap setelah perlombaan, Siskamling yang sudah terbentuk tetap bisa terus dilaksanakan.

“Sehingga tujuan utamanya bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Yakni lingkungan aman dari tindakan kejahatan,” pungkasnya. (uby/ros)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.