BerandaNasionalPolisi Tidak Ingin Ada Bentrok Pesilat, Solusinya Digelar Lomba

Polisi Tidak Ingin Ada Bentrok Pesilat, Solusinya Digelar Lomba

Narasinews.idJEMBER – Bentrokan antar perguruan silat kerap kali terjadi di wilayah ini, dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Untuk itu, Polres Jember bersama Ikatan Pencak silat (IPSI) dan Universitas Jember (Unej) menggelar berbagai lomba yang diikuti semua perguruan.

Kapolres Jember, Hery Purnomo, mengatakan kejuaraan itu akan dilangsungkan Mei hingga Juli 2022. Tujuannya menjalin kerukunan antar perguruan, dan tercipta keharmonisan di masyarakat.

“Perlombaan yang diadakan diantaranya lomba Jurus Wajib IPSI (Kembangan – red) untuk para pesilat, lomba Desain Logo tema Kerukunan, lomba desain Monumen, lomba Vidio Pendek, lomba Vidio Jurnalistik, Lomba Karya Jurnalistik online/Cetak, dan lomba Posting tema kerukunan di Media Sosial (Medsos),” ujarnya, Jumat (27/5/2022).

Hery melanjutkan, lomba tersebut juga bisa diikuti oleh masyarakat umum. Digelar di tiap kecamatan se-Kabupaten Jember.

Syarat untuk pesilat adalah organisasi perguruannya harus menjadi anggota Forum Kerukunan Pesilat (FKP) yang sudah terbentuk di tiap kecamatan.

Hery menambahkan, di bidang desain monumen, hasil karya pemenang akan diwujudkan dalam bentuk menumen sungguhan. Dan diletakkan di tiap Alun-alun di wilayah masing-masing kecamatan.

“Karena ini lomba tingkat kecamatan, jadi logo, desain monumen terbaik akan dipasang. Kita akan buatkan secara permanen monumennya di Alun-alun yang ada di tiap kecamatan,” terangnya.

Selain akan diambil pemenang terpilih dalam setiap lombanya di tingkat kecamatan, kata Hery, para pemenang juga akan di ombakan di tingkat Kabupaten. Mereka akan difasilitasi ke jenjang lebih tinggi.

“Intinya Jember ini rukun dan bersatu. Kami juga berharap Kabupaten Jember ini bisa menjadi rumah bersama para pendekar,” pungkasnya. (nul/ism)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular