BerandaNasionalPMK Menggila, Pemkab Situbondo Gelar Penyemprotan Disinfektan Serentak

PMK Menggila, Pemkab Situbondo Gelar Penyemprotan Disinfektan Serentak

Narasinews.idSITUBONDO – Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) semakin menggila di Kabupaten Situbondo. Data dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) setempat pada hari Rabu, 29 Juni 2022, ada penambahan kasus harian sebanyak 148 ternak. Sehingga secara kumulatif terdapat 2.467 ternak yang terpapar virus ini.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelar penyemprotan disinfektan secara serentak di 132 desa dan 4 kelurahan yang ada di Kota Santri Pancasila, Kamis (30/6/2022).

Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj. Khoirani mengatakan, langkah tersebut diambil untuk memutus penyebaran wabah PMK di Situbondo. “Kemarin (Selasa, 28 Juni -red) kami juga sudah melakukan vaksinasi PMK perdana terhadap 3.100 sapi warga,” ucapnya di Desa Widoropayung, Kecamatan Besuki.

Perempuan yang akrab disapa Nyai Khoi ini mengungkapkan, pihaknya terus berupaya untuk memutus penyebaran wabah PMK di Situbondo. “Apalagi ini kan mendekati hari raya Idul Adha. Jadi benar-benar kita awasi, terutama transportasi ternak. Jadi yang dari luar Situbondo tidak boleh masuk, pun demikian yang dari Situbondo tidak boleh keluar,” tegasnya.

Lebih lanjut, Mantan Anggota DPRD Situbondo dari Fraksi PPP ini mengakui, penularan PMK sangat cepat. Sehingga penanganan ekstra pun harus dilakukan.

“Padahal hari Senin, 27 Juni kemarin yang terpapar 2.158 ekor. Kemarin (Rabu, 29 Juni -red) sudah 2.467 ekor. Ini yang menjadi perhatian serius Pemkab Situbondo,” pungkasnya.

Untuk diketahui, data dari Disnakan Situbondo pada hari Rabu, 29 Juni 2022, terdapat 2.467 ekor hewan ternak yang terpapar PMK, 199 ekor sembuh, 6 ekor mati, 1 ekor dipotong paksa, dan 800 ekor sudah divaksin. (ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular