BerandaNasionalPetani Tebu Demo PG Asembagus, Tuntut Kenaikan Harga Tebu

Petani Tebu Demo PG Asembagus, Tuntut Kenaikan Harga Tebu

Narasinews.idSITUBONDO – Ratusan petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) RI Cabang Asembagus menggelar aksi demonstrasi di depan Balai Pertemuan (BP) PG Asembagus, Rabu (3/8/2022).

Korlap Aksi, H. Samsul Arif, mengatakan bahwa kedatangan mereka tak lain untuk meminta kenaikan harga jual tebu menjadi Rp70 per-kuintal. Tak hanya itu, mereka juga menuntut pembayaran yang lancar.

“Harga selama ini Rp64 ribu per-kuintal. Mau sejahtera bagaimana kalau tebu kami dihargai segitu. Untuk masalah pembayaran, kami menjual tebu ke PG, dan baru dibayar sekitar tiga minggu kemudian,” ucapnya.

Lebih lanjut, H. Samsul Arif mengungkapkan, dari hasil audiensi dengan General Manager (GM) PG Asembagus, disepakati harga jual tebu siap giling menjadi Rp65 ribu per-kuintal.

“Pihak GM hanya menyanggupi kenaikan Rp1000 saja. Tapi kami tidak berkecil hati. Kami akan melanjutkan tuntutan kenaikan Rp70 ribu per-kuintal ke DPR Provinsi, DPR RI, Bupati, Gubernur, hingga Kementerian BUMN,” tegasnya.

H. Samsul Arif menerangkan, PG Asembagus sudah direvitalisasi. Seharusnya bisa meningkatkan kesejahteraan para petani tebu. “Anggarannya tidak main-main. Kurang lebih sekitar Rp700 miliar. Ternyata saat diadu dengan PG Panji yang tidak direvitalisasi, ternyata hasilnya sama saja. Rp64 ribu per-kuintal,” bebernya.

Sementara itu, GM PG Asembagus langsung meninggalkan BP PG Asembagus seusai audiensi. Sehingga Jurnalis Narasinews.id belum bisa memperoleh tambahan informasi. (ros/liz)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular