Berita  

Pesan Bupati Pamekasan di Acara Tanam Raya Tembakau 2022

Narasinews.id
Bupati Pamekasan (baju kuning) menanam tembakau di acara Sarasehan dan Tanam Raya Tembakau 2022. (Narasinews.id)

Narasinews.idPAMEKASANBupati Pamekasan, Baddrut Tamam menghadiri acara Sarasehan dan Tanam Raya Tembakau 2022, Sabtu (18/6/2022), di Dusun Tengah, Desa Samatan, Kecamatan Proppo.

Baddrut Tamam mengatakan, kemitraan dalam penanaman tembakau bisa semakin menguatkan komitmen petani, dan seluruh stakeholderu untuk perkembangan industri tembakau di wilayah setempat.

banner 400x130

“Pemerintahan, petani, dan pabrikan, kalau tri partid ini berjalan Insyaa Allah akan semakin baik, termasuk jika 3 hal. Yakni penanaman, managemen dan harga terlaksana maka semuanya akan bahagia. petani bahagia, pabrikan bahagia, dan pemerintah juga bahagia, karena telah menjadi katalisator untuk membantu masyarakat,” tuturnya saat diwawancarai oleh awak media.

Sementara itu, Ketua DPC Asosiasi Petani Tembakau Info (APTI) Pamekasan, Samukrah menjelaskan, Pamekasan merupakan kabupaten penghasil tembakau terbesar secara nasional. Sehingga 2022 dipilih sebagai lokasi tanam raya tembakau.

“Produksi tembakau nasional 60 persen ada di Jawa Timur, kemudian di Jatim 60 persen disupply dari Madura, di Madura 60 persen dari Pamekasan. Jadi Pamekasan dalam statistik pertembakauan merupakan areal tembakau terluas di Indonesia,” tuturnya.

Senada dengan Samukrah, Suseno, Ketua DPN APTI menyampaikan, Pamekasan menjadi penentu pasokan tembakau secara nasional, karena penghasil tembakau terbesar di Indonesia.

“Pamekasan itu hasil produksi tembakaunya 60 persen untuk Jatim. Oleh karena itu, kalau petani tembakau di Pamekasan mogok tanam tembakau maka seluruh pabrik rokok se-Indonesia tidak bisa buat rokok. Sehingga betapa pentingnya Pamekasan,” ungkapnya.

Hadir di acara tersebut, Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia, anggota APTI, Disperindag Pamekasan, DKPP Pamekasan, serta kelompok tani tembakau. (zyd/ros)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.