BerandaNasionalPenipuan Catut Nama Kades, Korban Transfer Uang Hingga Rp1,4 Juta

Penipuan Catut Nama Kades, Korban Transfer Uang Hingga Rp1,4 Juta

 

Narasinews.idBONDOWOSO – Aksi penipuan mengatasnamakan kepala desa (Kades) terjadi di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Ironisnya, pelaku tidak hanya mencatut nama satu Kades, melainkan beberapa.

Salah satu korbannya adalah Kades Grujugan Kidul, Kecamatan Grujugan,Taufan Firdaus. Dia mengaku dicatut namanya oleh seseorang dengan tujuan meminta uang kepada korbannya.

Kata Taufan, korban dari aksi penipuan itu merupakan warganya sendiri yang bernama Heri. Kebetulan yang bersangkutan adalah pemilik toko besar di desanya.

Menurut Kades Grujugan Kidul, korban sudah mentransfer uang dengan nominal cukup besar kepada pelaku. Jumlahnya mencapai Rp1,4 juta.

“Jadi pelaku ini menggunakan foto profil saya di WA untuk mengelabui korbannya. Saya baru tahu setelah korban melapor kepada saya,” ungkap pria yang akrab dipanggil Bang Yus ini.

Bang Yus menegaskan, pihaknya bersama korban sudah melaporkan kejadian tersebut kepada Polres setempat. “Secara resmi saya sudah melaporkan kejadian itu ke Polres,” terangnya.

Selanjutnya, Bang Yus meminta warganya atau masyarakat luar untuk lebih hati-hati dengan modus serupa. Apabila ada nomor baru menghubungi dan mengatasnamakan Kades, hendaknya melakukan komfirmasi terlebih dahulu ke  Kades yang bersangkutan. Hal itu untuk mencegah kejadian yang sama terulang.

“Jadi jangan langsung percaya jika ada nomor baru masuk. Apalagi mengatasnamakan kades. Saya harap warga atau pun masyarakat luas tidak mudah percaya. Ini terjadi bukan hanya pada saya, tapi pada rekan-rekan kades lainnya. Mudah-mudahan pelaku bisa ditangkap” pungkasnya. (bay/liz)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular