BerandaNasionalPemkab Jember Gelar Operasi Migor Murah di Desa Wringinagung

Pemkab Jember Gelar Operasi Migor Murah di Desa Wringinagung

Narasinews.idJEMBER – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar operasi minyak goreng (Migor) bersubsidi di halaman Masjid Al-Mubarok, Desa Wringinagung, Kecamatan Jombang, Kamis (14/4/2022). Kegiatan tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat yang tengah kesusahan akibat mahalnya harga Migor di pasaran.

Kepala Disperindag Kabupaten Jember, Bambang Saputra, mengatakan bahwa harga Migor kemasan di pasar tradisional maupun modern memang relatif tinggi. Setiap liternya dibandrol dengan harga Rp24 ribu hingga Rp25 ribu.

Berbeda dengan Migor curah, kata Bambang, mulai 16 Maret 2022, harganya tidak diserahkan ke mekanisme pasar. Melainkan ditetapkan dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp14 ribu per-liter dan Rp15,5 ribu per-kilogram.

“Namun ketersediaan stok Migor curah di pasar tradisional sangat terbatas. Bahkan di beberapa lokasi, stok Migor curah  banyak yang kosong. Kalaupun ada, harganya cukup tinggi. Yakni sekitar Rp15 sampai Rp20 ribu,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, kata Bambang, Bupati Jember, Hendy Siswanto, segera mengambil sikap. Dia menggelar kegiatan operasi Migor curah di beberapa titik. Salah satunya di halaman di Masjid Al-Mubarok.

“Hal itu di lakukan selama beberapa hari sejak memasuki Ramadan. Kegiatan ini hasil kerjasama pemerintah daerah dengan PT Rajawali Nusindo, selaku distributor yang ada di Kabupaten jember,” tutupnya.

Sementara, Bupati Jember, Hendy Siswanto, menjelaskan bahwa jumlah Migor curah yang akan dijual ke masyarakat mencapai 5,4 ton. “Itu hanya untuk membantu masyarakat saja. Karena stok Migor curah cukup langka,” pungkasnya.

Salah seorang warga Desa Wringinagung, Sumarni, mengaku sangat senang dengan adanya operasi pasar yang di lakukan Pemkab Jember di daerahnya. Sebab dia bisa mendaptkan Migor curah dengan harga terjangkau. Dia pun membeli minyak goreng tersebut hingga lima liter.

“Mumpung murah, mas. Per-liter hanya Rp14 ribu saja. Dan Rp15,5 ribu per-kilogram. Saya beli 5 liter untuk persediaan selama beberapa hari kedepan,” bebernya. (nul/ros).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular