BerandaPeristiwa DaerahPaus Terdampar di Perairan Banyuwangi Jadi Tontonan Warga

Paus Terdampar di Perairan Banyuwangi Jadi Tontonan Warga

Narasinews.idBANYUWANGI–  Seekor paus bungkuk berukuran jumbo terdampar di Pantai Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Senin (1/8). Warga pun berkumpul di sekitar lokasi untuk mengabadikan momen langka tersebut. Baik anak-anak ataupun orang dewasa.

Meski kondisinya kurang baik, namun hewan raksasa tersebut masih bisa berenang di tepian pantai yang masuk Selat Bali itu.

Menurut informasi warga sekitar, paus semula muncul dari utara. Tepatnya di belakang hotel Banyuwangi Beach.

Namun hewan air tersebut tampak kebingungan. Paus bungkuk hanya berputar-putar di perairan berjarak sekitar 50 meter dari bibir pantai.

Salah seorang nelayan setempat, Subandi, mengatakan bahwa paus terlihat sejak pukul 09.30 WIB. Nelayan sempat berupaya membantu menggiring paus agar kembali ke tengah. Namun usaha itu tak membuahkan hasil.

“Oleh nelayan dibantu ke tengah. Paus pun sempat berenang ke arah tengah. Namun tiba-tiba kembali ke pinggiran,” ucapnya.

Paus juga beberapa kali menyemburkan air. Ikan raksasa itu juga terlihat kelelahan hingga tubuhnya membentur rangka dermaga.

Subandi menduga paus terdampar karena sakit. Sehingga tidak mampu menyelam dengan baik.

“Biasanya kan menyelam kalau sudah muncul ke permukaan gini. Bisa jadi paus ini sudah tua dan sakit,” ujarnya.

Para petugas dari Polairud dan TNI AL lantas berupaya menyelamatkan paus tersebut dengan cara menariknya menggunakan tali menuju ke tengah. Mereka berharap, paus yang terdampar bisa kembali bebas berenang di laut lepas. (bib/liz)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular