Pasal Berlapis untuk Pembunuh Bidan di Situbondo

  • Bagikan
Pembunuhan Bidan di Situbondo
Tim INAFIS Polres melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi pembunuhan bidan desa, Hanise (42), Kamis (13/1/2022). (Foto : Humas Polres Situbondo for Narasinews.id)

Narasinews.idSITUBONDO– Kepolisian Resort Situbondo menetapkan Agus Hadi Putra (46), sebagai tersangka usai membunuh, bidan desa bernama Haniseh (42) yang tak lain istrinya sendiri.

Kepala Kepolisian Resort Situbondo, Ajun Komisaris Besar Polisi Andi Sinjaya mengatakan, tersangka dikenakan pasal berlapis. Yakni pasal 338 KUHAP dan Undang-undang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

“Untuk ancaman hukumannya di atas lima tahun,” ujarnya dalam konferensi pers di Mapolres Situbondo, Jumat (14/1/2022).

Mantan Kapolres Enrekang, Sulawesi Selatan ini mengungkapkan, penyidik Satreskrim Polres Situbondo telah melakukan pemeriksaan secara intensif kepada tersangka dan sejumlah saksi.

“Alhamdulillah berdasarkan hasil penyelidikan dan gelar perkara serta alat bukti yang dikumpulkan petugas, pelaku sudah kita tetapkan sebagai tersangka,” tegasnya.

Lebih lanjut, pria asal Bone, Sulawesi Selatan ini menyampaikan, jenazah korban juga sudah diotopsi di rumah sakit. “Jadi kita masih menunggu hasilnya. Semoga segera turun,” imbuh Andi.

Lebih jauh, AKBP Andi Sinjaya mengakui, pihaknya mendapatkan informasi bahwa tersangka memiliki riwayat gangguan kejiwaan. “Kabarnya seperti itu. Nanti kita akan lakukan pemeriksaan medis dan kejiwaan,” ucap Andi.

AKBP Andi Sinjaya menjelaskan, untuk motif pembunuhan, pihaknya masih melakukan penyelidikan. “Tersangka ini mengaku hanya sakit hati kepada korban. Karena ada perlakuan yang tidak baik dirasakan dari korban,” pungkasnya.

Selain itu, lanjut AKBP Andi, pihaknya juga terus mendalami dugaan pembunuhan berencana dalam kasus ini. “Barang bukti tali kita periksa ke bagian forensik meski pelaku mengaku membunuh dengan tangannya sendiri,” tutup Andi.

Diberikan sebelumnya, Bidan desa bernama Hanise (42), yang kesehariannya berdinas di Polindes Ketah, Kecamatan Suboh ditemukan tewas, Kamis (13/1/2022). Kuat dugaan korban dibunuh oleh suaminya sendiri berinisial AHD (45).

Korban ditemukan tewas di tempatnya bekerja sekitar pukul 05.00 WIB. Petugas kepolisian yang menerima informasi tersebut langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP). Sekitar pukul 06.00 WIB, terduga pelaku yakni, saudara AHD menyerahkan diri ke Polsek Besuki.(ros)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *