HomePeristiwa DaerahParah, Tunanetra hingga Penderita Tumor di Jember Luput dari Penerima Bansos BBM

Parah, Tunanetra hingga Penderita Tumor di Jember Luput dari Penerima Bansos BBM

Narasinews.id, JEMBER – Puluhan warga Desa Tegalrejo, Kecamatan Mayang, Jember, komplain ke pemerintah desa (Pemdes) setempat lantaran tak dapat bantuan sosial (Bansos) BBM. Padahal mereka tergolong warga kurang mampu.

Bahkan penderita tunanetra dan Lansia penderita tumor ganas juga luput dari sentuhan Bansos tersebut.

Salah satu warga penyandang tunanetra, Sumiati, menyayangkan penyaluran Bansos BBM di Kabupaten Jember yang tidak merata. Padahal terdampak inflasi dan kenaikan BBM itu semua warga.

“Termasuk fakir miskin dan yang lainnya juga terdampak. Tapi kenapa yang dapat Bansos di desa ini hanya segelintir orang saja?,” ucapnya kepada Jurnalis Narasinews.id, Kamis (22/9/2022).

Hal senada dikatakan Suhaida, perempuan kepala keluarga ini hanya bisa mengelus dada begitu melihat ratusan warga di desa sebelah berbondong-bondong mendapatkan Bansos BBM. Sedangkan dirinya hanya menjadi penonton saja.

“Mau gimana lagi, dek. Kita sebagai warga biasa hanya bisa berharap agar pemerintah pusat tidak menutup mata. Apalagi saya punya anak dan bekerja sendiri tidak ada yang bantu,” keluhnya.

Sementara itu, Suryadi, yang merupakan penderita tumor ganas di bagian leher ini juga berharap penyaluran Bansos BBM merata ke kalangan bawah. Mengingat dirinya sudah tidak mampu bekerja dan hanya bertumpu pada sang istri untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Kami sekeluarga hidup berlima. Yang kerja istri saya. Sedangkan saya hanya bisa bantu-bantu sebisanya. Kita juga sudah komplain ke Pak Kades. Katanya, bantuan ini bukan dari dana desa, tapi dari Kemensos. Jadi data penerima Bansos itu bukan Pak Kades yang nentukan,” ungkapnya.

Di sisi lain, Kepala Desa (Kades) Tegalrejo, Nunung Adi Kontesa, saat di konfirmasi Jurnalis Narasinews.id membenarkan terkait banyaknya keluhan warga kepadanya. Baik secara langsung maupun via telepon.

Baca Juga  Gubernur Khofifah Terkesan dengan Lulusan SMK Perikanan Kelautan Puger

“Saya sampaikan apa adanya bahwa Bansos BBM itu dari Kemensos. Desa hanya menyalurkan undangan kepada masyarakat sesuai dengan undangan yang di terima,” bebernya.

Sayangnya, sebagian warga Tegalrejo tidak menerima begitu saja keterangan Nunung. Malah mengira Pemdes Tegalrejo asal-asalan dalam melakukan pendataan.

Nunung sendiri juga menyayangkan dan mempertanyakan kepada dinas sosial (Dinsos) mengenai sumber data, sumber dana, dan kriteria penerima Bansos BBM tersebut. Namun pihak Dinsos masih mengkomunikasikan perihal itu dengan pihak terkait.

“Kami akan berjuang mengupayakan bagaimana Masyarakat saya yang berada dibawah garis kemiskinan untuk dapat Bansos. Kewajiban saya berusaha dan beriktiar untuk masyarakat. Selebihnya saya pasrahkan kepada yang Kuasa. Saya berharap masyarakat men-support Pemdes. Setidaknya dengan doa. Semoga perjuangan dan usaha sesuai harapan,” harapnya.

Tidak sampai disitu, Nunung juga bakal menghadap Bupati Jember, Hendy Siswanto, untuk memperjuangkan Bansos BBM itu demi masyarakat.

Di sisi lain, sekitar pukul 15.03 WIB, Jurnalis Narasinews.id mencoba menghubungi TKSK Mayang, Sunardi, via WhatsApp untuk konfirmasi. Namun sayangnya yang bersangkutan masih belum bisa memberikan keterangan.

“Saya masih di jalan, mas. Nanti saya hubungi lagi, ya!” ucapnya singkat.

Tidak berhenti sampai disitu, Jurnalis Narasinews.id juga mencoba menghubungi Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Jember, Helmi, via WhatsApp untuk meminta tambahan keterangan. Namun juga tidak ada jawaban dari mantan sekretaris Dinas Pendidikan (Dispendik) Jember itu.

Sebagai tambahan informasi, Jurnalis Narasinews.id juga mengantongi data jumlah penerima bantuan langsung tunai (BLT) BBM dan Sembako 2022 di 7 desa se-Kecamatan Mayang, yakni:

Desa Sudomukti sebanyak 1.117 KPM, Marwan sebanyak 1.178 KPM, Seputih sebanyak 1.191 KPM, Kejayan sebanyak 1.134 KPM, Mayang sebanyak 716 KPM, Tegalwaru sebanyak 786 KPM, dan Tegalrejo sebanyak 113 KPM. (*)

Baca Juga  Pastikan Tepat Sasaran, Bupati Kediri Pantau Langsung Penyaluran BLT BBM
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular