BerandaNasionalNgaji Bandongan, Tradisi Walisongo Ajarkan Santri Kitab Kuning Selama Ramadan

Ngaji Bandongan, Tradisi Walisongo Ajarkan Santri Kitab Kuning Selama Ramadan

Narasinews.idKEDIRI– Beberapa pondok pesantren memiliki tradisi unik dalam pembelajaran santri selama Ramadhan. Tak seperti biasanya, metode belajar kitab kuning memakai sistem “Ngaji Bandongan” diterapkan selama bulan puasa.

Seperti yang dilakukan di Pondok Pesantren Jamsaren Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri. Para santri harus sudah memelototi tulisan Arab gundul di depannya. Kedua telinga harus dipasang benar-benar untuk mendengarkan uraian dan bacaan ustaz atau guru, sementara pulpen di tangan tak berhenti mengikutinya dengan terus menggoreskan tintanya.

Pengasuh Ponpes Jamsaren, Kiai Munif Muhammad mengatakan, selama Ramadan pembelajaran bagi santrinya hanya difokuskan mengaji kitab.

Sesuai tradisi pendahulunya, metode ngaji dengan sistem Ngaji Bandongan kata Kiai Munif dilakukan di Ponpesnya berjalan mulai pagi hingga malam hari.

Pagi dimulai setalah salat subuh, siang selepas duhur, sedangkan untuk malam dimulai setelah salat tarawih.

“Kalau bulan puasa di pondok kami tidak ada kegiatan untuk pengajaran sekolah umum, tetapi hanya kami fokuskan untuk mengaji saja, untuk waktunya santri bisa memilih sendiri, kalau ikut malam siangnya bisa tidur dulu,” ungkapnya.

Kiai Munif mengungkapkan, Ngaji Bandongan merupakan tradisi yang sudah diwariskan sejak zaman walisongo.

Seperti yang diajarkan oleh Sunan Ampel. Kiai yang berusia 65 tahun itu menjelaskan, sistem Ngaji Bandongan adalah metode belajar ngaji kitab yang ditempuh satu tahun namun dihabiskan dalam waktu sebulan selama puasa.

“Kalau yang biasanya mengedepankan pemahaman santri dan ditempuh satu sampai dua tahun, di bulan puasa hanya dibacakan, santri yang menyimpulkan, namun sering kali guru tetap menjelaskan, untuk kitab yang ajarkan biasanya yaitu Ta’lim Muta’alim,” jelasnya.(dho/ism)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular