BerandaNasionalUncategorized4Mobil Jaminan Utang Ternyata Milik Rental, Uang Rp30 Juta Warga Sumbersari Terancam...

Mobil Jaminan Utang Ternyata Milik Rental, Uang Rp30 Juta Warga Sumbersari Terancam Hilang

Narasinews.id – JEMBER – Nasib apes menimpa Samik Ariyanto, warga Kecamatan Sumbersari, Jember. Bagaimana tidak, uang miliknya sebesar Rp30 juta yang dipinjam temannya, SL, warga Kecamatan Ajung tidak kunjung kembali. Bahkan mobil Avanza Veloz yang dijadikan jaminan utang ternyata milik rental.

Yang lebih apes lagi, mobil jaminan utang itu telah diambil oleh pihak rental beberapa waktu lalu.

“Jadi ketika itu saya menggunakan mobil tersebut untuk bepergian. Namun setibanya di Pom Kecamatan Mayang, tiba-tiba saya dicegat tujuh orang. Mereka mengaku sebagai pemilik sah mobil tersebut,” ungkapnya.

Selanjutnya, Samik mengajak mereka bertujuh untuk ikut ke rumahnya di Kecamatan Sumbersari. Setelah berbincang-bincang, ternyata tujuh orang tersebut berhasil meyakinkan Samik terkait kepemilikan mobil tersebut.

“Mereka menunjukkan bukti-bukti berupa surat-surat mobil itu. Dan mengatakan mobil itu resmi milik rental. Dengan beberapa pertimbangan, saya akhirnya yakin jika mereka memang pemilik sahnya, bukan SL. Dan kala itu juga mereka langsung membawa mobil itu,” jelasnya.

Selanjutnya, Samik menghubungi SL dan meminta yang bersangkutan datang ke rumahnya. Namun, bukan SL ternyata yang datang, melainkan saudaranya, JK.

“JK pun akhirnya menyanggupi untuk melunasi utang SL kepada Samik dalam waktu dekat. Namun janji tersebut juga tidak kunjung dibuktikan. Hingga dua bulan berlalu, SL ataupun JK belum juga membayar tanggungan tersebut,” jelasnya.

Sehingga pada 14 Maret 2022, Samik, JK dan seorang makelar bernama Dorik membuat kesepakatan bermaterai. Pihak SL menyanggupi akan melunasi separuh hutangnya Rp15 juta pada 25 Maret 2022. Namun, lagi-lagi perjanjian itu diingkari oleh pihak SL ataun JK.

“Sementara saat ini saya tidak mengetahui keberadaan SL. Sebab yang bersangkutan tidak ada di rumahnya,” tuturnya.

Siapa Dorik?

Menurut Samik, Dorik adalah orang yang mengenalkan dirinya dengan SL. Dia juga sebagai saksi dalam perjanjian uang Rp30 juta dan Mobil Avanza Veloz yang di jadikan jaminan.

“Seharusnya dia juga bertanggung jawab atas persoalan ini,” ucap Samik, Selasa (29/3/2022).

Menurut informasi yang dihimpun Jurnalis Narasinews.id, Dorik mengaku sebagai guru di salah satu SD yang ada di Wirowongso. Di sana dia sudah mengajar cukup lama.

Untuk mencari tambahan informasi, sekitar pukul 12.15 WIB, Jurnalis Narasinews.id mendatangi SDN Wirowongso itu untuk menemui Kepala Sekolah. Sayangnya yang bersangkutan tidak berada di tempat.

Apa benar Samik seorang guru agama di SDN Wirowongso?

“Memang benar Pak Dorik itu guru disini. Beliau guru pendidikan agama dan baru 2 tahun ngajar,” ucap salah satu informan yang enggan menyebut namanya.

Secara terpisah, Dorik, mengakui bahwa dirinyalah yang mempertemukan Samik dengan SL sehingga terjadi kesepakatan peminjaman uang sebesar Rp30 juta dengan menjadikan mobil Avanza Veloz sebagai jaminan.

“Dia (SL) ngakunya mobil itu milik dia sendiri. Saya baru tahu belakangan kalau mobil itu punya orang. Jadi saya tidak ada kecurigaan kalau akan seperti ini jadinya,” ucapnya. (nul/ros).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular