BerandaNasionalMeski Sudah Level 1, Dinkes Jember Terus Kebut Vaksinasi Covid-19

Meski Sudah Level 1, Dinkes Jember Terus Kebut Vaksinasi Covid-19

Narasinews.idJEMBER – Kabupaten Jember sudah masuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 1. Namun Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat terus melakukan vaksinasi Covid-19. Tujuannya untuk mewujudkan herd immunity (kekebalan kelompok).

Kepala Dinkes Jember, Lilik Lailiyah mengatakan, capaian vaksinasi dosis dua di Kota Tembakau belum sampai 70 persen. Sedangkan vaksinasi dosis ke tiga atau booster juga masih kurang dari 30 persen.

“Harapannya akhir Juli ini dosis 2 sudah mencapai 70 persen. Dan vaksin booster kalau bisa sampai 50 persen. Sebab Agustus mendatang proyeksi pemerintah fokus ke pelaksanaan bulan imunisasi anak nasional,” ujarnya, Minggu (24/7/2022).

Untuk itu, Lilik bersama tim medis tetap melakukan pelayanan vaksinasi setiap hari. Baik di 50 Puskesmas, rumah sakit pemerintah maupun swasta, klinik, bahkan di tempat perbelanjaan dan ibadah.

“Kami lakukan itu bukan hanya sekarang saja. Tapi sudah lama. Bahkan di Roxy sampai sekarang masih berjalan. Makanya, kami harap warga melakukan vansin dosis dua dan booster secepatnya,” tukasnya.

Lantas bagaimana dengan berita bahwa ada 10 warga Jember yang terpapar Covid-19?

Lilik menjawab, berita itu memang benar. Hanya saja yang perlu diketahui, posisi mereka bukan di wilayah setempat. Melainkan di Surabaya dan Jakarta.

“Kebetulan KTP mereka itu beralamat di Jember. Jadi secara otomatis sistem akan memasukkan data mereka ke Kabupaten Jember. Padahal domisili mereka bukan di Jember,” jelasnya.

Bagaimana mengidentifikasi bahwa mereka tidak berada di Jember?

“Kami lihat dia itu periksa di laboratorium mana. Dari sanalah kami bisa tahu bahwa posisi mereka tidak di Jember,” pungkasnya. (nul/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular