BerandaNasionalBupatiMenteri Desa dan Bupati Jember Bahas Beasiswa Kuliah untuk Pemerintah Desa

Menteri Desa dan Bupati Jember Bahas Beasiswa Kuliah untuk Pemerintah Desa

Narasinews.idJEMBER – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmisi Republik Indonesia (PDTT RI), Abdul Halim Iskandar, bertandang ke Kabupaten Jember, Kamis (31/3/2022). Kedatanganya ke Kota Tembakau dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja (Kunker).

Salah satu agendanya adalah mengajak Bupati Jember, Hendy Siswanto, untuk bekerjasama dalam merealisasikan program rekognisi pembelajaran lampau (RPL) pejuang desa. Menurut Abdul Halim Iskandar, tujuan program RPL itu adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) perangkat Desa. Yakni Kepala Desa (Kades), Sekdes, pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dan yang lainnya.

“Apalagi bagi yang sudah lama mengurus desa. Besar kemungkinan mereka bisa mendapatkan beasiswa RPL dengan mudah. Dan kuliahnya cukup 4 semester atau dua tahun saja. Mereka sudah bisa lulus strata 1 (S1),” ujarnya.

Sedangkan urusan regulasinya dengan pihak kampus, Kementerian Desa PDTT yang akan melakukan negosiasi. Seperti yang sudah berjalan di daerah Bojonegoro. Di sana Menteri Desa bekerjasama dengan beberapa kampus Negeri. Yakni Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

“Keinginan kami supaya terjalin percepatan pengembangan SDM di Jember dalam waktu yang relatif singkat, kualifikasi yang memenuhi, dan hasilnya sesuai dengan kebutuhan desa,” ucapnya.

Proses Perkuliahan

Adapun proses kuliahnya, lanjut Halim, hampir sama dengan model perguruan reguler. Hanya saja ada beberapa perbedaan. Misalnya, kalau reguler masuk kuliah dulu baru praktek seperti kuliah kerja nyata (KKN). Sedangkan kalau RPL sebaliknya. Praktek dulu di masyarakat baru masuk kuliah.

Mengenai sistem kredit semester (SKS), itu sama seperti pada umumnya. Yaitu 147 SKS. Namun bagi mereka yang sudah minimal 5 tahun berkiprah menjadi perangkat desa dan memiliki prestasi, maka SKS tersebut akan dikonversi menjadi 70 SKS saja.

“Makanya mereka bisa lulus S1 dalam waktu dua tahun atau 4 semester. Jadi harapannya, Bupati Jember agar memberikan anggaran untuk beasiswa bagi perangkat Desa itu,” tutupnya.

Di sisi lain, Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengaku sangat senang dengan adanya program RPL yang disuguhkan Menteri Desa PDTT itu. Mengingat Kota Tembakau ini memiliki 226 Desa. Sementara SDM yang ada masih banyak yang perlu ditingkatkan.

“Oleh karena itu, untuk meningkatkan pelayanan dan pengembangan desa, mereka akan di upgrade SDM-nya. Sehingga bisa membangun desa sesuai harapan,” pungkasnya. (nul/ros).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular