HomePeristiwa DaerahMemasuki Musim Hujan, Warga Kota Batu Diminta Waspada

Memasuki Musim Hujan, Warga Kota Batu Diminta Waspada

Narasinews.id, Malang – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkiran awal musim hujan tahun 2022-2023 di Kota Batu berlangsung bulan September 2022 hingga Januari 2023.

Anggota BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, mengatakan normalnya musim hujan di wilayah setempat terjadi selama 170 hari. “Diperkirakan hujan di sana di atas normal dengan curah hujan 2.001 sampai 2.500 mm,” ucapnya, Kamis (22/9/2022).

Lebih lanjut, Agung mengungkapkan, saat musim hujan berlangsung, Kota Batu berpotensi terjadi bencana alam. Seperti tanah longsor, banjir, angin kencang, angin puting beliung, dan cuaca ekstrem.

“Ini merupakan hasil kajian Indeks Risiko Bencana Kota Batu,” bebernya. Sehingga kami meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya,” tegasnya.

Untuk meminimalisir dampak bencana alam di musim hujan, BPBD Kota Batu bakal melakukan pendataan lokasi yang rawan terjadi bencana. “Selanjutnya data tersebut akan dijadikan dasar dilakukannya upaya-upaya mitigasi bencana,” pungkas Agung.

Lebih jauh, Agung berharap masyarakat ikut berperan aktif dalam menginformasikan titik-titik lokasi yang berpotensi terjadi bencana di wilayah Kota Batu. “Sehingga kita bisa meminimalisir terjadinya kerugian materil dan korban,” tutupnya. (*)

Baca Juga  Ratusan Pembalap Jatim Unjuk Gigi di Kejurda Road Race Kota Probolinggo
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular