Masyarakat Wajib Tahu Regulasi Baru dalam Membayar Pajak

Masyarakat Wajib Tahu Regulasi Baru dalam Membayar Pajak
Sosialisasi PBB-P2 Bapenda Kabupaten Blitar di Kecamatan Wlingi (Foto: Martono/ Narasinews.id)

NARASINEWS.ID – Dalam rangka sosialisasi PBB-P2, Bapenda Kabupaten Blitar mengumpukan kepala desa, lurah, Sekretaris Desa dan Pamong Blok Kecamatan Wlingi, Selasa (07/05/2024).

Kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Bapenda Kabupaten Blitar ini terkait regulasi tata cara pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2024 meliputi Kecamatan Wlingi, Gandusari, Bakung, Srengat dan Wonodadi.

Dari keterangan Kasubbid Pengelolaan dan Basis Data Pajak Daerah Bapenda Kabupaten Blitar, Mei Irawandi kegiatan ini sangat penting dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap regulasi PBB-P2 serta perubahan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT). 

Kata Mei, sosialisasi ini digelar agar masyarakat dapat membayar pajak sesuai dengan hak miliknya. Dan menginformasikan lebih awal terkait beberapa layanan kami untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat diantaranya terkait regulasi beban tarif, regulasi tentang proses tahapan perubahan-perubahan, jelasnya.

Pembayaran PBB P2 tahun 2024 sudah mulai bisa dilakukan sejak tanggal 1 Januari 2024. Batas waktu pembayaran PBB P2 tahun 2024 adalah tanggal 30 Juni 2024.

Untuk memudahkan warga dalam membayar PBB-P2, pemerintah telah menyediakan beberapa alternatif pembayaran antara lain, pembayaran secara langsung petugas PBB setiap wilayah, pembayaran melalui bank mitra pemerintah atau pembayaran melalui aplikasi e-Pajak.

Sementara itu Camat Wlingi, Suwito memberikan apresiasi atas kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Bapenda Kabupaten Blitar. Dengan adanya sosialisasi PBB P2 ini supaya dapat menjelaskan kepada masyarakat mengenai tata cara pembayaran pajak yang sesuai dengan aturan dan perubahan layanannya yang ada. 

"Proses sosialisasi Bapenda juga memberikan waktu untuk para undangan yang hadir menyampaikan pertanyaan apa saja yang belum paham oleh peserta yang hadir, agar nanti setelah paham bisa menjelaskan kepada masyarakat atau Wajib Pajak," katanya. 

Suwito berharap, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya kontribusi mereka dalam pembangunan daerah melalui pembayaran pajak yang tepat dan sesuai.

Berikut ini 9 Desa/ Kelurahan yang mendapatkan sosialisasi PBB-P2 dari Bapenda Kabupaten Blitar, Babadan, Balerejo, Beru, Klemunan, Ngadirenggo, Tangkil, Tegalasri, Tembalang dan Wlingi.