BerandaNasionalKolaborasi Pemkab dan PN Jember Hasilkan Belasan Inovasi

Kolaborasi Pemkab dan PN Jember Hasilkan Belasan Inovasi

Narasinews.idJEMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menjalin sinergi dan kolaborasi dengan Pengadilan Negeri (PN) setempat, berupa Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di PN.

Tak tanggung-tanggung, Inovasi yang diluncurkan dalam satu wadah inovasi Wes Wayahe sebanyak 13 inovasi andalan sekaligus. Yakni, Barcode Brosur (E-Brochure), Jember Asisten Sistem Informasi Elektronik (Jeasie), Terintegrasinya Inovasi Layanan dan Informasi Kepada Desa (Tilik Desa), E-court plus, PTSP online, Posbakum online, Asisten Digital, Sidang Permohonan Online, Aplikasi Antrean PTSP, Aplikasi Antrean Sidang, Monitoring Kepatuhan SIPP, dan Sistem Aplikasi Kenaikan Gaji Berkala (SiNAJIB).

Ketua PN Jember, I Wayan Gede Rumega mengatakan, PTSP pada instansi yang ia pimpin merupakan salah satu wujud pelayanan lembaga peradilan bagi masyarakat pencari keadilan, dan pengguna layanan pengadilan di seluruh Indonesia.

“Di era digitalisasi yang serba cepat, mudah, dan transparan saat ini, PTSP Pengadilan Negeri Kelas IA Jember telah siap memenuhi kebutuhan para pencari keadilan dan pengguna layanan dengan selalu berinovasi guna meningkatkan aksesibilitas. Tujuannya untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat pencari pelayanan hukum dan keadilan,” ujarnya, Selasa (28/6/2022).

Gede Rumega melanjutkan, PTSP PN Jember yang telah dimodernisasi dengan mengedepankan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat.

Baik bagi warga umum maupun bagi penyandang difabilitas serta manula mulai direnovasi sejak Desember 2021. Dan telah dioperasikan secara maksimal sejak awal Februari 2022.

“Guna memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas renovasi dan modernisasi PTSP tersebut, pada Selasa (28/6), Pengadilan Negeri Jember Kelas IA melaksakan peresmian PTSP Pengadilan Negeri Jember Kelas IA yang diresmikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI l, yaitu Bambang Myanto,” imbuhnya.

Kegiatan peresmian PTSP Pengadilan Negeri Jember tersebut, kata Gede Rumega, dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Bupati Jember, dan unsur Forkompinda Kabupaten Jember, serta pimpinan Pengadilan Negeri se-wilayah Pengadilan Tinggi Jawa Timur dan tamu undangan lain.

“Selain itu juga dilangsungkan kegiatan launching Inovasi Pengadilan Negeri Jember dalam satu wadah inovasi yang dinamakan Wes Wayahe yang diartikan sebagai Sudah Saatnya,” paparnya.

Gede Rumega juga menyebut makna Wes Wayahe sendiri memiliki filosofi sudah saatnya PN Jember Kelas IA untuk memberikan pelayanan prima dengan mengedepankan pelayanan berbasis teknologi yang mudah dan ramah bagi pengguna layanan serta pencari keadilan.

“Kenyamanan dan pelayanan prima bagi penyandang difabilitas dan manula benar-benar diprioritaskan,” tutupnya.

Sementara, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung (MA), Bambang Myanto, optimis dengan adanya 13 inovasi tersebut bisa mewujudkan visi dan misi MA. Yakni memberikan keadilan bagi masyarakat.

“Sedang bekerjasama yang baik bersama Pemkab, saya yakin bisa memberikan keadilan dan kepuasan pada semua masyarakat setempat,” tuturnya.

Bupati Jember

Di sisi lain, Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan, Pemkab Jember memberikan dukungan penuh terhadap semua inovasi yang di launching PN Jember. Sebab semua itu diperuntukkan bagi rakyat.

“Kalau dilihat dari segi bisnis, warga Jember sangat diuntungkan. Soalnya tidak perlu lagi datang ke PN untuk mengurus keperluannya terkait peradilan. Mereka bisa memanfaatkan teknologi digital itu via aplikasi di smartphone,” pungkasnya. (nul/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular