BerandaNasionalKM Zidane Tenggelam, 4 ABK Selamatkan Diri dengan Serpihan Kapal

KM Zidane Tenggelam, 4 ABK Selamatkan Diri dengan Serpihan Kapal

Narasinews.idSUMENEP – Empat anak buah kapal (ABK) KM Zidane Ekspress akhirnya ditemukan selamat, Minggu (30/5/2022) sekitar pukul 14.00 WIB. Itu setelah mereka sempat terombang-ambing di laut sebelum dinyatakan hilang,

Kepala Kesyahbandaran Pelabuhan Sepeken Sumenep, Edi Kiswanto, menuturkan bahwa pencarian terhadap KM Zidane Ekspress melibatkan kapal milik masyarakat Sapeken, Sumenep, dan KN Antazena milik Basarnas Surabaya.

“Informasi terkini, alhamdulillah semua ABK selamat dan ditemukan di Perairan Lombok sekitar pukul 22.00 WIB. Malam ini mereka baru tiba di Sapeken, Sumenep,” ucapnya, Minggu (30/05/2022) malam.

Ia menambahkan, 3 ABK dan 1 nahkoda ditemukan oleh masyarakat Sapeken saat menaiki serpihan dari KM Zidane Ekspress. Kabar selamatnya mereka disampaikan langsung oleh Nahkoda Kapal melaui sambungan telepon seluler kepada pihak keluarga.

“Kalau kapalnya tenggelam. Tetapi alhamdulilah Nahkoda dan ABK selamat. Karena menaiki rakit (serpihan kapal-red) semua,” jelasnya.

Ia menduga, hilangnya KM Zidane Ekspress yang berangkat dari pantai Boom Banyuwangi disebabkan cuaca yang buruk. “Angin kencang dan gelombang tinggi menghantam kapal itu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, nama-nama yang berhasil selamat adalah Ali Sabibi, pemilik kapal, Rusiyadi, Moh. Ajim, dan Ansori ( ABK). mereka merupakan warga Pulau Sapeken, Sumenep.

Menurut informasi, KM Zidane berangkat bersama satu kapal lainnya, KLM Aryuti, dari Perairan Boom, Banyuwangi menuju Pulau Sapeken, Sumenep. Namun begitu di pertengahan jalan, dua kapal tersebut terkena angin kencang sehingga terpaksa singgah di Perairan Singaraja, Bali.

Ketika keadaan sudah dirasa aman, kedua kapal motor tersebut melanjutkan perjalanan. Namun sampai di tengah jalan, KM Zidane lagi-lagi dapat masalah. Entah apa penyebab pastinya, kapal tersebut tenggelam.

Beruntung para ABK di dalamnya berhasil menyelamatkan diri. Sementara KLM Aryuti sudah terlebih dahulu sampai di Pulau Sapeken.

Dan ternyata berdasarkan informasi terbaru, jumlah penumpang KM Zidane hanyalah empat orang. Begitu pun ABK di KLM Aryuti, jumlahnya juga empat orang. (zyd/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular