BerandaNasionalKemenag Bondowoso Belum Pastikan Pemberangkatan CJH Tahun Ini

Kemenag Bondowoso Belum Pastikan Pemberangkatan CJH Tahun Ini

Narasinews.idBONDOWOSOKementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bondowoso belum bisa memastikan pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) pada musim haji 2022. Hal itu disampaikan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Bondowoso, Suharyono, kepada Jurnalis Narasinews.id, Selasa (17/5/2022).

Suharyono menyebut, sampai hari ini (Selasa, 17 Mei 2022 -red) masih belum ada penetapan tentang kapan pemberangkatan jamaah haji. Sebab masih menunggu penetapan qur’ah dari Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur.

Adapun tentang jumlah jamaah haji di Bondowoso, Suharyono menyampaikan, hak itu belum final. Lantaran masih menunggu pada 20 Mei 2022 batas akhir konfirmasi dan pelunasan.

Menurutnya, yang bisa berangkat tahun ini adalah CJH 2020 yang sudah melakukan pelunasan dan batas usia tertua kelahiran 30 Juni 1957 atau sekitar umur 65 tahun.

“Dari ketentuan tersebut, Kabupaten Bondowoso mendapat jatah jemaah reguler, sebanyak 301 orang, dan 68 orang jamaah cadangan,” tutur Suharyono.

Lebih lanjut, Suharyono menerangkan, CJH diberi kesempatan melakukan konfirmasi untuk jamaah yg melunasi 2020 ke bank setoran awal. Tujuannya untuk mendapatkan bukti pelunasan yang baru 2022, tanpa menambah selisih biaya bipih.

“Bagi yang belum pelunasan di tahun 2020, mereka melakukan pelunasan dengan besaran selisih biaya Bipih tahun 2022, yakni untuk embarkasi surabaya sebesar 42.586.009,” ucapnya.

Suharyono juga menyebut, pada tahun ini ada  5 orang CJH reguler yang menyatakan tunda. Hal itu dikarenakan terpisah dengan suami atau istrinya, terpisah dengan orang tuanya karena usianya lebih dari 65 tahun.

” CJH yang menyatakan tunda ini karena jadwal pemberangkatan  tidak sama  dengan keluarganya. Ini faktor usia, karena aturannya memang begitu,” pungkasnya.(uby/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular