HomePeristiwa DaerahKabar Baik! Ruang Pelayanan Adminduk di Dispendukcapil Jember Kini Ramah Difabel

Kabar Baik! Ruang Pelayanan Adminduk di Dispendukcapil Jember Kini Ramah Difabel

Narasinews.idJEMBER – Ruang pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jember, yang berada di Jalan Jawa, Nomor 18, Dusun Tegal Boto, Desa/Kecamatan Sumbersari, kini di lengkapi dengan adanya fasilitas jalur khusus difabel yang ditandai garis merah.

Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, mengatakan ruangan yang baru saja diresmikan itu tentu lebih luas dari pada sebelumnya. Dan ditata lebih nyaman dan sejuk. Sehingga warga yang datang ke Dispendukcapil untuk mengurus Adminduk tidak kepanasan lagi saat mengantri.

“Terutama untuk difabel. Mereka sekarang bisa melakukan sendiri pengurusan Adminduknya dengan memanfaatkan fasilitas jalur merah itu,” ucapnya, Kamis (18/8/2022).

Santi melanjutkan, layanan yang di sediakan bukan hanya itu saja. Melainkan disertai dengan pelayanan prima terhadap warga berupa edukasi cara memanfaatkan layanan melalui dunia jejaring (Daring).

“Pelayanannya kita ajarkan mereka bagaimana caranya menggunakan layanan WhatsApp bagi masyarakat yang mempunyai smartphone. Kemudian bagi yang tidak punya smartphone, kita layani dengan J-Lahbako yang ada di beberapa desa. Sekaligus kami informasikan rentang waktu pengambilan Adminduknya,” ujarnya.

Di sisi lain, Bupati Jember, Hendy Siswanto menambahkan, ada 4 model layanan istimewa yang saat ini di sediakan oleh Dispendukcapil. Yakni via Daring, sistem informasi pelayanan (SIP) melalui website, layanan di Kecamatan, dan satu catwalk satu KTP.

“Jadi yang berbasis digital ada, yang langsung ke masyarakat juga ada. Kolaborasi ini tentu semuanya untuk masyarakat. Namun, saya meminta kepada Dispendukcapil untuk segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat maupun perangkat. Terutama Kades hingga RT/RW. Mereka perlu diinformasikan kalau pelayanan Adminduk sekarang itu gratis. Ngurusnya Lewat desa bisa, lewat kecamatan juga bisa. Jadi tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor Dispendukcapil lagi,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Solusi Pengeluaran Minim di Tengah Kenaikan BBM

Pewarta : Zainul Hasan l Editor : Fathur Rozi

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular