BerandaNasionalJelang Ramadan, Bakesbangpol Bondowoso Gelar Rakor, Ini yang Dibahas

Jelang Ramadan, Bakesbangpol Bondowoso Gelar Rakor, Ini yang Dibahas

Narasinews.idBONDOWOSO – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bondowoso menggelar rapat koordinasi (Rakor) Tim Kewaspadaan Dini Daerah, bersama jajaran Forkopimda, Rabu (30/3/2022). Acara itu berlangsung di Orila Cafe jalan A. Yani, Bondowoso.

Sejumlah isu mulai dari keamanan, sosial, politik, ekonomi dan hukum dibahas dalam rapat tersebut. Termasuk isu mahalnya minyak goreng (Migor) dan kelangkaan BBM jenis solar yang di keluhkan oleh masyarakat Bondowoso. Bahkan dua isu itu menjadi salah satu atensi.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar, mengatakan menjelang Ramadan ini banyak persoalan yang harus disikapi bersama di Bondowoso. Seperti mahalnya Migor, kelangkaan BBM, serta kenaikan harga bahan pokok dampak dari ketidakstabilan situasi ekonomi saat ini.

“Ini adalah PR bersama. Polres, Kodim, Kejaksaan, Pemda, DPRD harus bersinergi untuk mengatasi hal tersebut,” ujar Wabup Irwan dalam sambutannya.

Wabup mengungkapkan, kenaikan bahan kebutuhan pokok jika dibiarkan akan berdampak pada politik, hukum dan keamanan.

Ketua DPC PDI-Perjuangan itu mencontohkan situasi 1998. Di mana Indonesia dilanda krisis ekonomi. Di mana pada saat itu bahan kebutuhan pokok naik drastis, akibatnya banyak penjarahan, kekacauan, termasuk di Bondowoso sendiri.

Untuk itu, Wabup meminta aparat penegak hukum (APH) serta eksekutif dan legilastif bersinergi mengantisipasi keadaan ekonomi saat ini. Caranya dengan menindak lanjuti keluhan masyarakat bawah.

Kejaksaan Negeri Bondowoso

Sementara itu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bondowoso, Sucipto, mengaku akan ikut andil dalam mengatasi persoalan ekonomi. Seperti ikut serta dalam Sidak Migor, BBM dan kebutuhan pokok lainnya.

“Persoalan menyangkut ekonomi di daerah akan berimplikasi ke pusat. Ini lah yang harus kita antisipasi bersama,” ujar Sucipto.

Pihaknya berkomitmen akan bersinergi dengan pemerintah daerah dan kepolisian untuk menindaklanjuti persoalan ekonomi yang dikeluhkan masyarakat.

“Untuk menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok jelang Ramadan ini, kita bersama Forkopimda akan bersatu untuk menindaklanjuti persoalan di bawah. Seperti migor dan BBM jelang Ramadan ini,” tambahnya.

Dalam Rakor Tim Kewaspadaan Dini Daerah Kabupaten Bondowoso 2022, dihadiri Bupati, KH Salwa Arifin; Wabup, Kapolres, AKBP Wimboko; Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri dan Kejari. (uby/ros).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular