BerandaNasionalJelang Idul Adha, Bupati Jember dan Saras Bagikan 4.300 Daging Kurban

Jelang Idul Adha, Bupati Jember dan Saras Bagikan 4.300 Daging Kurban

Narasinews.idJEMBER – Menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriah, Bupati Jember, Hendy Siswanto, bersama Paguyuban Saras membagikan 4.300 daging sapi kepada warga, Sabtu (9/7/2022). Momentum tersebut sekaligus dimanfaatkan oleh orang nomor satu di Kota Tembakau ini untuk menyampaikan informasi bahwa wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) tidak begitu parah.

Sebab kata Hendy, populasi sapi di Kabupaten Jember sebanyak 275.000 ekor. Sedangkan yang terpapar PMK kurang dari 2 persen saja.

“Kami bersama Dinas Peternakan dan relawan sudah keliling ke semua peternakan untuk menyeleksi sapi kurban yang akan dipotong. Dan Alhamdulillah, sapi di Paguyuban Saras ini sudah melewati proses seleksi ketat, sehingga terjaga kualitasnya,” ujarnya.

Namun sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat, pembagian daging kurban di lakukan dengan menerapy protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Yakni warga tetap memakai masker.

“Selain itu, juga bungkus kemasan yang digunakan tidak boleh menggunakan plasti. Tapi memakai daun,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Wakil Paguyuban Saras, Suyatman menyampaikan, Saras merupakan suatu paguyuban kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial. Bekerja sama dengan pemerintah daerah, paguyuban ini memotong sebanyak 12 ekor sapi yang benar-benar sehat dan aman dari PMK.

“Berat sapinya rata-rata 6 hingga 8 kuintal. Yang dihimpun dari para donatur asal Jakarta, Ponorogo, dan sekitar Jember,” ungkapnya. (nul/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular