Berita  

Jangan Takut Data Pribadi Bocor, Layanan Adminduk via Daring Aman

Narasinews.id
Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti. (Zainul Hasan/Narasinews.id)

Narasinews.idJEMBER – Bagi warga yang memiliki mobilitas tinggi, terutama yang bertempat tinggal jauh di perkotaan, kini tidak perlu buang-buang waktu lagi datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) di Jalan Jawa, nomor 18, Dusun Tegal Boto Lor, Desa/Kecamatan Sumbersari, untuk mengurus administrasi kependudukan (Adminduk).

Pasalnya, Dispendukcapil sejak beberapa waktu lalu sudah membuat berbagai inovasi dan terobosan baru untuk mendekatkan diri ke masyarakat.

banner 400x130

Salah satu inovasinya adalah layanan via online melalui WhatsApp maupun website. Di mana kedua sistem dunia jejaring (Daring) itu sengaja dirancang untuk memudahkan warga yang memiliki mobilitas tinggi ataupun tinggal di area yang jauh dari kota.

Pada satu kesempatan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jember, Isnaini Dwi Susanti mengatakan, pihaknya benar-benar menjaga privasi dan keamanan data warga yang mengurus dokumen kependudukan via daring. Sehingga sistem tersebut benar-benar aman untuk dimanfaatkan.

“Ngurus Adminduk secara online akan mempercepat prosesnya. Dan pihak Dispenduk akan menjaga kerahasiaan identitas kependudukan dari semua warga,” ucapnya.

Secara terpisah, Zainullah, warga Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, mengapresiasi kinerja Dispendukcapil yang terus berinovasi. Apalagi Pasca pandemi Covid-19 nanti, layanan daring itu bakal banyak digunakan masyarakat.

“Setelah pandemi Covid-19 selesai, kemungkinan warga akan tambah sibuk kerja. Sehingga tidak punya banyak waktu untuk pergi ke kantor Dispendukcapil. Nah, layanan Daring ini pasti sangat membantu mereka,” pungkasnya, Sabtu (18/6/2022).

Tambahan informasi, jika ingin mengurus dokumen via WhatsApp, bisa melalui nomor berikut; 081132256839. Sedangkan bagi yang mau lewat website, bisa langsung akses Dispenduk. Atau bisa juga download aplikasinya di play store.(nul/ism)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.