BerandaNasionalJalan Kembali Mulus, Warga Jember Tersenyum Girang

Jalan Kembali Mulus, Warga Jember Tersenyum Girang

Narasinews.idJEMBER – Jalan provinsi yang membentang di Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, kini selesai diperbaiki. Sontak hal itu membuat warga merasa senang dan tersenyum girang.

Warga setempat, Sugianto menuturkan, jalan penghubung Kecamatan Ajung dan Kaliwates tersebut setiap hari selalu ramai kendaraan lalu lalang. Baik itu kendaraan pribadi maupun angkutan barang.

“Kalau jalannya mulus, gak hanya membuat masyarakat nyaman. Tapi juga bisa menunjang pergerakan perekonomian warga,” ucapnya kepada Jurnalis Narasinews.id, Selasa (24/5/2022).

Pria berusia 40 tahun ini mengaku, dia setiap hari melintasi jalan itu untuk bekerja. Dan sekarang tidak perlu khawatir lagi terlambat ke kantor. Berbeda dengan beberapa waktu yang lalu sebelum jalan itu diperbaiki.

“Kalau dulu jalannya hancur. Banyak lubang. Itupun lubangnya besar-besar. Membuat motor cepat rusak, karena terjadi hentakan. Apalagi motor matic. Itu rentan sekali terhadap hentakan. Tapi sekarang jalannya sudah enak. Kerja jadi tambah lancar,” imbuhnya.

Komentar Warga

Warga yang lain, Sami’ah menambahkan, warga juga sangat berterima kasih kepada Bupati Jember, Hendy Siswanto, yang telah memprioritaskan pembangunan infrastruktur melalui proyek multiyears.

“Harapannya ke depan, Bupati Hendy tidak hanya berhenti di situ. Tapi juga perlu melirik ke sektor lain. Seperti gedung sekolah banyak yang rusak, sebagian besar 2,6 juta penduduk Jember masih tergolong miskin, BLT di desa yang kadang tidak tepat sasaran, lansia yang tidak mendapat bantuan, dan yang lainnya,” ungkapnya.

Secara terpisah, Lurah Tegal Besar, Zaenal Safi’i, meminta masyarakat agar bersama-sama menjaga dan merawat jalan usai dibangun. Jangan sampai dirusak dengan mengangkut barang melebihi muatan.

“Terutama kepada para sopir truk, agar tidak memuat barang melebihi tonase. Maksimal tonase itu, kalau toleransi dari Bupati Hendy, 10 ton. Kalau lebih dari itu, sebaiknya diangkut dua kali saja atau pakai dua kendaraan. Muatannya dipecah supaya tonasenya tidak melebihi kapasitas,” terangnya.

Selain itu, kata Zaenal, kawula muda juga harus ikut andil menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Jangan ugal-ugalan atau kebut-kebutan.

“Biasanya jalan yang mulus itu menggoda pengendara, terutama yang muda, untuk ngebut. Makanya, jaga kecepatan. Walaupun mulus, tetap berhati-hati,” pungkasnya. (nul/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular