BerandaNasionalIstri Gugat Cerai Suami Dominasi Perkara di PA Bondowoso

Istri Gugat Cerai Suami Dominasi Perkara di PA Bondowoso

Narasinews.id,-BONDOWOSO – Kasus istri gugat cerai suami di Kabupaten Bondowoso lebih banyak dibanding permohonan talak dari suami. Sesuai data Pengadilan Agama Bondowoso, dari Januari hingga medio Juni 2022 ini mencapai 546 perkara cerai.

“Cerai gugat diajukan pihak istri sebanyak 388, cerai telak dari pihak suami 158,” ujar ketua PA Bondowoso Muhklisin Noor, Senin (13/6/2022)

Mukhlisin mengatakan, berbagai faktor menjadi penyebab terjadinya perceraian. Salah satunya adalah faktor ekonomi dalam rumah tangga pemohon.

Sementara untuk perceraian yang disebabkan orang ketiga, jarang ditemui di kota tape ini.  Namun pihak PA Bondowoso tidak memungkiri hal itu masih ada. Tetapi faktor ekonomi jauh lebih mendominasi. “Ada suami yang ngasik satu bulan cuma Rp50 ribu,” bebernya.

Menurutnya, saat persidangan cerai gugat, banyak suami tak hadir tanpa alasan. Walaupun datang, biasanya mereka beralasan ingin rujuk atau berbaikan dengan istrinya.

“Kita mediasi juga. Tapi, kadang-kadang proses mediasinya tidak berhasil sehingga perceraian tetap terjadi,”  ungkapnya.

Secara terpisah, jurnalis Narasinews.id menemui salah satu pemohon gugat cerai. Seorang perempuan berinisial IR. Dia mengajukan gugat cerai lantaran tak kuat atas perlakuan suaminya.

“Faktornya karena ekonomi dan KDRT, ” ungkap IR usai keluar dari PA, yang menolak menyebut asalnya ini.

Dia mengisahkan selama ini harus banting tulang sendiri memenuhi kebutuhan hidupnya serta anak yang masih sekolah TK.

“Suami saya selalu alasan tidak ada uang, masa saya harus minta terus ke orang tua. Selain itu dia kerap melakukan KDRT, ” tutur IR.

Dari situlah IR  memutuskan untuk mengajukan gugat cerai ke PA Bondowoso.

“Mediasi sudah, namun kami memutuskan bercerai, mungkin bulan depan sudah sidang putusan. Ini adalah pengalaman pahit sekaligus gambaran bagi yang lain, bagaimana tanggungjawab suami dan kewajiban istri dalam rumah tangga, ” pungkasnya.(ubay)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular