BerandaNasionalIkan Paus Terapung di Sampang, Satpol Air Lakukan Penenggelaman

Ikan Paus Terapung di Sampang, Satpol Air Lakukan Penenggelaman

Narasinews.id – SAMPANG- Ikan Paus bungkuk berukuran 20 meter mati mengapung di perairan Camplong Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur, Rabu (30/03/2022). Namun, oleh Satuan Polair ikan Paus kembali ditenggelamkan ke laut lepas.

Informasi yang dihimpun oleh awak media, ikan Paus itu ditemukan seorang nelayan setempat bernama Anwari dan Suhari dalam keadaan mati mengapung dan membusuk. Bahkan sebagian kulit ikan paus itu sudah mengelupas dan bentuknya sudah menggelembung. Kemudian nelayan itu melaporkan kepada Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Sampang.

Kepala Satuan Polisi Air Polres Sampang, Iptu Catur Rahardjo SH, mengaku mendapatkan laporan dari nelayan terkait bangkai Ikan Paus. Kemudian pihaknya berkoordinasi dengan Pos Keamanan Laut Madura, Polsek Camplong, dinas perikanan, dan BPBD untuk mengevakuasi bangkai ikan paus berukuran besar itu.Ik

” Atas laporan nelayan, kami langsung berkoordinasi dengan pihak terkait, dan langsung mengevakuasi bangkai tersebut, diperkirakan jenis ikan paus bungkuk berukuran 20 meter dan sudah membusuk. ” jelasnya kepada awak media.

Lebih lanjut ia menjelaskan, setelah koordinasi pihaknya menenggelamkan ikan itu dengan memberi pemberat di kepala ikan serta ekornya agar menjadi makanan ikan-ikan di laut. Paus itu diperkirakan mengapung sudah satu bulan lebih.

“Kita tenggelamkan ikan itu dengan memberi pemberat di kepala dan ekor agar cepat terurai dan menjadi makanan ikan lain,” lanjutnya.

Masih kata Iptu Catur, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kematian ikan paus bungkuk itu. Dia berharap nanti dinas perikanan bisa menjelaskan penyebabnya.

“Jadi nanti kita akan dalami lagi akan koordinasi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Sampang juga Provinsi, untuk mendalami lebih lanjut agar mengetahui penyebab kematian nya,” pungkasnya. (ali/ism)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular