BerandaNasionalHore, Rute Jangkar-Lembar Tinggal Tunggu SK Tarif dari Kemenhub

Hore, Rute Jangkar-Lembar Tinggal Tunggu SK Tarif dari Kemenhub

Narasinews.idSITUBONDOKementerian Perhubungan (Kemenhub) RI telah membuka rute pelayaran Jangkar-Lembar, NTB, Sabtu (7/5/2022), yang ditandai dengan pelayaran perdana KMP Parama Kalyani di rute ini.

Menurut Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Kemenhub RI, Budi Setiyadi, rute pelayaran Jangkar-Lembar kini tinggal menunggu penetapan tarif saja.

“Seperti yang disampaikan oleh Bapak Bupati personal terkait infrastruktur dan yang lainnya sudah selesai. Saya harap rapat kali ini saya tinggal lapor ke Pak Menteri terkait apa yang menjadi realisasi rute ini segera selesai,” ujarnya, saat memimpin rapat persiapan pengoperasian lintas penyeberangan Jangkar-Lembar melalui Vidcon, Jumat (20/5/2022).

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, saat ini penetapan surat keputusan (SK) tarif dan lintasan sudah di Biro Hukum Kemenhub. “Saya harap secepatnya segara selesai, sehingga rute pelayaran Jangkar-Lembar segera beroperasi,” tegasnya.

Bupati Situbondo

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, untuk menyambut dibukanya rute pelayaran Jangkar-Lembar tersebut pihaknya terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana di Pelabuhan Jangkar. “Setelah dilakukan uji coba kemarin, dapat saya sampaikan kita telah melakukan perbaikan besi-besi tiang listrik dan telepon,” ucapnya.

Lebih jauh, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini mengungkapkan, terkait perbaikan jalan masuk ke Pelabuhan Jangkar merupakan wewenang Pemprov Jatim. “Jalan masuk ke Pelabuhan Jangkar sudah saya limpahkan ke Ibu Gubernur Jawa Timur, artinya asetnya sudah diserahkan ke Pemprov berikut dengan perencanaannya. Sehingga Pemprov Jatim tinggal melakukan pengerjaannya saja di PAK,” bebernya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini melanjutkan, pengerjaan tempat parkir Pelabuhan Jangkar sedang tahap pengerjaan. “Kita berharap dalam tempo dua bulan ke depan ini sudah selesai. Sehingga lokasi parkir kendaraan truk, mobil maupun motor sudah siap,” tukasnya.

Bung Karna optimis, dengan adanya rute pelayaran Jangkar-Lembar tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar Pelabuhan Jangkar.

“Kita ini jauh tertinggal dari kabupaten dan kota yang lain. Untuk itu, saya berharap kepada Bapak Dirjen Hubungan Darat setidaknya ada kebijakan sehingga rute Jangkar-Lembar ini bisa dimulai, walaupun satu kapal di Jangkar dan satu kapal di Lembar itu tidak masalah,” pungkasnya. (ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular