BerandaNasionalHonor Tak Kunjung Cair, SKAK Nilai Pemda Bondowoso Tak Perhatikan ke Nasib...

Honor Tak Kunjung Cair, SKAK Nilai Pemda Bondowoso Tak Perhatikan ke Nasib Perangkat Desa

Narasinews.idBONDOWOSO – Ketua Sentra Komunikasi Antar Kepala Desa (SKAK), Mat Hari menilai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso tidak memperhatikan nasib para Perangkat Desa.

Hal itu dikatakan Mat Hari menyusul terlambatnya honor Perangkat Desa hampir empat bulan berjalan. “Kerja kita tidak jauh berbeda dengan PNS, tapi gajinya minim dibawah mereka,” ujarnya, Rabu (23/3/2022).

Selain minim, kata dia, honor perangkat desa juga sering terlambat. Keterlembatan tersebut bukan hanya sekali dalam setahun. “Kami sebagai Kepala Desa sering ditagih oleh perangkat, kapan cair. Ini kan beban moral bagi kita, kasihan juga teman-teman perangkat harus menafkahi keluarganya,” ungkap dia.

Menurut Kades Bukor itu, kalau ADD dan DD yang terlambat, hal itu bisa dimaklumi dan diterima. Tetapi jika soal gaji yang berkaitan dengan hak pekerja, hak Perangkat Desa, dia menilai itu kurang diterima.

Mat Hari mengaku, ia sudah konfirmasi ke DPMD Bondowoso, dan jawabannya sudah mengajukan pencairan ke BPKAD. “Ini BPKAD yang tidak jelas, kamarin janji hari Rabu lalu, kita cek tidak ada, sekarang janji lagi,” tuturnya.

Sebagai Ketua SKAK dan selaku Kepala Desa, Mat Hari berharap Pemkab Bondowoso serius mengatasi keterlambatan honor Perangkat Desa. “Kita yang di Desa ini penunjang program pemerintah daerah, bukan hanya tuntutan kewajiban yang harus dilakukan, tapi pikirkan juga hak-hak kami sebagai pelayan masyarakat di desa,” imbuhnya.

Sementara itu, kepala BPKAD Wiratmo Mulyanto, beberapa kali dikonfirmasi melalui telepon selulernya. Namun yang bersangkutan tidak menjawaban. (uby/ros).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular