BerandaNasionalBupatiHeadline Today: KM Zidane Rute Banyuwangi-Sumenep Hilang Kontak, Nasib Puluhan ABK Tidak...

Headline Today: KM Zidane Rute Banyuwangi-Sumenep Hilang Kontak, Nasib Puluhan ABK Tidak Jelas, Empat Kendaraan Kecelakaan Beruntun, Satu Orang Tewas, Pemkab Bondowoso Upgrade Kapasitas Para Kades

KM Zidane Rute Banyuwangi-Sumenep Hilang Kontak, Nasib Puluhan ABK Tidak Jelas

SUMENEP– Kapal Motor (KM) Zidane bermuatan bahan logistik dari Pantai Boom Banyuwangi dengan tujuan Pulau Sapeken, Sumenep, dilaporkan hilang kontak sejak Kamis (26/05/ 2022) malam.

Novix Hariyadi, Koordinator Basarnas Sumenep, membenarkan adanya KM Zidane yang hilang kontak di sekitar Perairan Bali. Menurutnya, KM Zidane semula berangkat dari Pantai Boom, Banyuwangi. Namun karena terkena angin, sehingga singgah di Perairan Singaraja, Bali.

“Selah itu melanjutkan kembali perjalanan menuju Sapeken, Sumenep. Namun setelah itu, dinyatakan hilang kontak,” ungkapnya, Senin (30/05/2022) pagi.

Menurut Novix, di dalam KM Zidane, terdapat 26 Anak Buah Kapal (ABK). Mereka turut hilang. Petugas dari Basarnas pun terus melakukan pencarian keberadaan kapal tersebut.

“Minggu (29/5/2022) kemarin, kapal milik Sar Surabaya sudah tiba di Sumenep untuk ikut melakukan pencarian KM Zidane,” tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pencarian hingga beberapa hari kedepan. Untuk awal, pencarian akan dilakukan di Perairan Sapekan terlebih dahulu. Karena di lokasi tersebut sempat ditemukan properti yang diduga milik KM Zidane.

“Namun jika dalam kurun waktu yang ditentukan tidak ditemukan, kami akan apel di Perairan Bali,” Pungkasnya. (zay/liz)

 

Empat Kendaraan Kecelakaan Beruntun, Satu Orang Tewas

PAMEKASAN – Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Raya Pademawu, Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Minggu (29/05/2022) malam. Peristiwa tersebut melibatkan empat kendaraan sekaligus. Satu orang tewas dalam insiden itu.

Menurut informasi, peristiwa bermula saat sepeda motor dengan Nopol M 3230 AQ yang dikendarai oleh Andi Siswoyo melaju dari arah selatan ke utara dengan kecepatan tinggi. Begitu hampir sampai di TKP, pengendara sepeda motor tersebut berusaha menyalip mini bus bernopol M 8462 CZ di depannya yang dikemudikan Zaidul Makruf, warga Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

Nahas, dari arah berlawanan, juga melaju pikap dengan Nopol L 1101 IL yang dikemudikan oleh Amir Faisol, warga Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu. Alhasil, kecelakaan pun tidak bisa dihindari. Sepeda motor dan pikap saling bertabrakan.

Tak berhenti di situ saja, pikap dengan Nopol L 1101 IL oleng ke kanan dan juga menabrak minibus Nopol M 8462 CZ. Selain itu, sebuah sepeda motor Nopol M 6412 AR yang berada di belakang minibus juga menghantam kendaraan di depannya itu.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Pamekasan, Ipda Bambang, menjelaskan bahwa kecelakaan beruntun terjadi karena kurang hati-hatinya pengendara sepeda motor M 3230 AQ saat berusaha mendahului minibus bernopol M 8462 CZ.

“Korban meninggal dalam insiden tersebut adalah Andi Siswono, warga Desa Bunder, Kecamatan Pandemawu, Kabupaten Pamekasan. Selain itu, beberapa orang lainnya juga mengalami luka ringan,” tuturnya. (ziy/liz)

 

Pemkab Bondowoso Upgrade Kapasitas Para Kades

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggelar acara peningkatan kapasitas bagi kepala desa (Kades) di Kota Tape, Senin (30/5/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Sabha Bina Praja 2.

Dalam sambutannya, Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin meminta kepada seluruh Kades agar betul-betul memperhatikan rakyatnya. Tak hanya itu, kata Bupati, Kades juga harus menjadi teladan dan contoh yang baik bagi warganya.

“Kalau ada warga yang sakit atau meninggal, Kades harus menjadi orang pertama yang hadir, teladanilah cara Rasulullah kepada ummatnya,” ujarnya.

Bupati Salwa juga menyinggung Kades agar tidak pilih kasih dalam melayani dan memberikan bantuan kepada warganya. “Semua harus merata, baik yang mendukung waktu Pilkades atau yang tidak mendukung, sekarang semua sama,” harapnya.

Dalam peningkatan kapasitas bagi Kades ini, Bupati berharap mereka bisa ter-upgrade kembali dalam hal pelayanan kepada masyarakat. “Ini kewajiban kami sebagai pemerintah untuk mengingatkan kepala Desa, termasuk acara hari ini bagian dari upaya kita meningkatkan kapasitas kepala Desa agar betul- betul melayani masyarakat tanpa pilih kasih,” pungkasnya.

Untuk diketahui, acara peningkatan kapasitas Kades ini berlangsung dua hari. Yakni Senin dan Selasa, 30-31 Mei 2022. Yang terbagi dalam dua kelompok. (uby/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular