BerandaNasionalGeger Sapi Sakit dan Diisukan Mati di Tengah Viralnya Wabah PMK

Geger Sapi Sakit dan Diisukan Mati di Tengah Viralnya Wabah PMK

Narasinews.id SITUBONDO – Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kecamatan Suboh mendatangi kandang sapi milik Mahful (50), warga Dusun Karang Tengah, Desa Cemara, Rabu (18/5/2022). Kehadiran mereka untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya informasi yang menyebut sapi milik Mahful yang dijual di Pasar Seninan sakit hingga mati.

Dan setelah dicek, ternyata sapi tersebut masih dalam keadaan hidup. Isu matinya sapi milik Mahful ternyata tidak benar.

Kapolsek Suboh, Iptu Subaidi, mengatakan bahwa pihaknya sempat mengkonfirmasi penyebab sakitnya sapi milik Mafhul. Dan ternyata, sekitar satu minggu yang lalu, ternak tersebut mengalami keracunan makanan.

“Setelah dicek dan diobati oleh drh Eko Yuli dari Puskeswan Bungatan, sapi tersebut sembuh,” tambahnya.

Untuk itu, Iptu Subaidi mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan ke Bhabinkamtibmas atau Babinsa apabila ada gejala penyakit PMK pada hewan ternak, baik itu sapi maupun kambing.

“Selain itu, kami meminta kepada para peternak juga mewaspadai berita hoax atau menyebarkan berita tidak benar terkait PMK. Sehingga tidak menambah resah warga lainnya,” pungkasnya. (ros/liz)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular