BerandaNasionalBupatiDukung Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Jember Gelar Pasar Santri

Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Jember Gelar Pasar Santri

Narasinews.idJEMBER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menggelar pasar santri Ramadan (PSR) di Alun-alun Kota Tembakau itu. Tujuan kegiatan tersebut tak lain untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di pondok pesantren (Ponpes).

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan, PSR merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap kemajuan ekonomi di Ponpes. Doa berharap dengan adanya program tersebut, semangat santri untuk berwira usaha semakin meningkat.

“Dengan adanya PSR ini, pesantren bisa memperkenalkan produk unggulannya. Dan santri bisa belajar entrepreneur atau wirausaha sebagai penunjang masa depannya. Jadi santri tidak hanya paham agama, tetapi juga bisa berwirausaha,” ucapnya, Sabtu (23/4/2022).

Menurut orang nomor satu di Kota Tembakau ini, terdapat 650 lebih Ponpes di Jember. Sebagian di antaranya memiliki usaha. Seperti Koperasi pesantren (Kopontren) ataupun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Jumlah santri yang tersebar di pesantren-pesantren Jember itu ada sekitar 16 ribu. Itu yang bermukim. Mereka adalah penyangga negeri ini. Makanya, bukan hanya ilmu agama saja yang perlu di ajarkan, melainkan juga tentang UMKM yang bisa bersaing dimana-mana,” imbuhnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur

Hendy menjelaskan, pembukaan PSR ini dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) dan Ketua Umum Partai Demokrat. Pihaknya sangat senang dengan kedatangan mereka. Sebab hal itu bisa memicu semangat santri dalam berkarya.

“Sejak dua tahun lebih, pelaku UMKM mengalami banyak kendala gara-gara adanya pandemi Covid-19. Termasuk yang ada di pesantren. Diharapkan kedatangan Wagub dan Ketua partai Demokrat ini akan membuat mereka giat kembali,” ungkapnya.

Hendy berharap, 2,6 juta penduduk Jember bisa lebih mencintai kearifan lokal dan bangga dengan produk sendiri. Sehingga perekonomian menjadi lebih mapan.

“PSR merupakan hasil kolaborasi antara Pemkab Jember dan beberapa perbankan. Harapannya agar di masa depan santri menjadi lebih baik. Kami siap mengawal semuanya (Kopontren dan UMKM pesantren -red),” tutupnya.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, menambahkan bahwa Ponpes merupakan tempat orang-orang berbakat. Dirinya optimis, tidak hanya ilmu agama saja yang bisa dipelajari, tetapi keterampilan yang lain juga bisa dikuasai.

“Kedepan, harapannya santri bisa mempunyai produk unggulan yang bisa bersaing. Bukan hanya lokal, tapi secara nasional,” pungkasnya.

Hadir dalam pembukaan PSR tersebut, Bupati Jember, Hendy Siswanto; Wabub Jatim, Emil Dardak; Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono; anggota DPRD, Forkopimda. (nul/ros).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular