BerandaPeristiwa DaerahDPRD Banyuwangi Ajukan Raperda Penanggulangan Penyakit Menular

DPRD Banyuwangi Ajukan Raperda Penanggulangan Penyakit Menular

Narasinews.idBANYUWANGI – Tugas dan tanggungjawab mengawal kesehatan masyarakat dari wabah penyakit menular menjadi perhatian khusus DPRD Banyuwangi. Karena itulah, seluruh DPRD Banyuwangi mengajukan Raperda inisiatif tentang Penanggulangan Penyakit Menular.

Pengajuan Raperda ini dilangsungkan dalam rapat paripurna dewan yang dipimpin Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara, Kamis (4/08/2022). Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati, H.Sugirah; Sekretaris Daerah, H.Mujiono; Asisten Bupati, Kepala SKPD dan Camat.

Raperda inisiatif tentang Penanggulangan Penyakit Menular diajukan untuk dibahas bersama eksekutif. Tujuannya agar disepakati menjadi Perda yang solutif di tengah gemuruh sejumlah kasus penyakit menular.

Ketua Badan Peraturan Daerah (Bapemperda), Sofiandi Susiadi, saat membacakan nota pengantar Raperda penanggulangan penyakit menular, mengatakan bahwa masalah penyakit menular menjadi salah satu masalah yang tidak dapat dihindari.

Kesehatan masyarakat menjadi taruhan yang sangat mahal. Sebab dampak dari wabah penyakit menular dapat meluas pada masalah sosial dan ekonomi (selain timbulnya korban jiwa).

Karena itu, sangat penting aspek penanggulangan penyakit disadari oleh pemerintah. Baik pusat maupun daerah. Termasuk Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Hal itu sebagai bentuk perhatian dan tanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan bagi masyarakat Banyuwangi.

“Kita inisiasi Raperda tentang penanggulangan penyakit menular dengan tujuan menjamin kualitas kesehatan Banyuwangi. Agar menjadi masyarakat yang sehat dan memiliki daya tahan. Serta memiliki kepedulian dalam mencegah wabah penyakit menular,” ucap Sofiandi Susiadi.

Selanjutnya, kisi-kisi muatan Raperda adalah kebijakan tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit menular di Banyuwangi. Itu diperlukan sebagai dasar hukum untuk mencegah meluasnya penyakit menular serta pengambilan kebijakan ketika terjadi penyakit menular di Kabupaten Banyuwangi.

Selanjutnya, dasar hukum dari penyusunan perda tentang penanggulangan penyakit menular di Kabupaten Banyuwangi adalah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah. Dan beberapa peraturan perundang-undangan terkait lainnya. Utamanya adalah Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular. Serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 Tahun 1991 tentang penanggulangan penyakit menular.

“Rancangan peraturan daerah Kabupaten Banyuwangi terkait penanggulangan penyakit menular pada prinsipnya meliputi dua aspek penting yang saling terkait. Yaitu aspek pencegahan dan penanggulangan,” jelas Sofiandi. (bib/liz)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular