BerandaAdventorialDokter di RSD dr Soebandi Akan Bedah Jantung Remaja 15 Tahun

Dokter di RSD dr Soebandi Akan Bedah Jantung Remaja 15 Tahun

Narasinews.id – JEMBER – Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi, Jember, akan kembali melakukan praktik bedah jatung. Dalam aksi yang ke dua ini, level bedah jantungnya lebih tinggi dari yang sebelumnya. Meski demikian, pihak rumah sakit berharap praktik tersebut berjalan lancar dan berhasil.

Menurut Bupati Jember, Hendy Siswanto, operasi yang ke dua ini pihak dr Soebandi bekerjasama dengan  Rumah Sakit dr Soetomo, Surabaya. Pasien yang akan menjalani bedah jantung masih berumur 15 tahun.

Nilai plusnya, operasi itu tidak hanya masalah jantung saja. Melainkan juga ada tumor yang melekat pada jantung pasien tersebut.

“Usianya muda. Jadi fisiknya masih kuat. Ditambah lagi dukungan dokter ahli dari RSD dr Soebandi dan Surabaya. Mudah-mudahan operasinya berhasil,” ucapnya, Rabu (6/7/2022).

Ke depan, Hendy berjanji akan memberikan tambahan alat bedah jantung yang dibutuhkan RSD dr Soebandi. Selain itu, dokternya akan disekolahkan agar keahliannya bisa diperdalam.

“Itu akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Kita akan bergerak cepat. Mengingat pasien jantung di Jember sendiri cukup banyak,” imbuhnya.

Bagaimana dengan kondisi pasien yang akan dioperasi saat ini?

Dokter Bedah Jantung RSD dr Soebandi,  Setiadi Drajad Kurniawan, mengatakan bahwa pasien bernama Seril itu menderita sesak napas. Beberapa waktu yang lalu, atlet lari ini datang ke dokter jantung. Setelah dilakukan pemeriksaan diagnostik, ditemukan ada tumor sebesar 4,5 Centimeter di dalam ruang jantung serambi kiri. Di mana tumor itu bertangkai dan bisa keluar masuk antara serambi ke ventrikel.

“Resikonya, yang pertama gagal jantung. Karena saluran darah dari paru-paru tidak bisa masuk ke jantung. Ke dua, masa dari tumor itu bisa menyumbat jantung sendiri. Sehingga bisa mengakibatkan kematian mendadak. Itu sebabnya kita melakukan tindakan yang sifatnya urgen. Karena masalah jantung yang diderita pasien levelnya tinggi. Akhirnya kita datangkan juga ahli dari Surabaya,” pungkasnya. (nul/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular