BerandaNasionalDispendukcapil Jember Gelar Audiensi Uji Coba Pelayanan Publik

Dispendukcapil Jember Gelar Audiensi Uji Coba Pelayanan Publik

Narasinews.idJEMBER – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember menggelar audiensi uji publik tentang pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di ruang pelayanan Admindukcapil, Jalan Jawa, Dusun Tegal Boto, Desa/Kecamatan Sumbersari, Nomor 18, Selasa (19/7/2022).

Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti mengatakan, pihaknya mempunyai harapan besar untuk membahagiakan masyarakat. Oleh karena itu, dirinya berusaha mewujudkan harapan tersebut dengan meminta masukan dari seluruh lapisan masyarakat terkait apa saja yang perlu di benahi dan ditingkatkan.

“Hasil masukan dari masyarakat dalam kegiatan itu beraneka ragam. Dan Masukannya pun ada yang berbentuk positif maupun negatif. Alhamdulillah, yang positif akan kami tingkatkan lagi. Sedangkan yang negatif kami catat. Semuanya untuk masyarakat Jember tanpa terkecuali,” ucapnya kepada Jurnalis Narasinews.id.

Pada sesi diskusi, beberapa peserta antusias menyampaikan masukan. Diawali oleh peserta perwakilan jurnalis, Zainul Hasan. Menurutnya ada tiga poin penting yang ia sampaikan dalam kesempatan tersebut.

 

“Pertama, kami berharap dari petugas Dispendukcapil lebih meningkatkan lagi pendistribusian KTP yang sering mengalami keterlambatan. Bahkan ada yang sebulan lebih belum juga sampai ke masyarakat. Kedua, kami berharap agar pihak Dispendukcapil dengan tegas memberantas adanya Calo yang kerapkali merugikan warga. Dan yang ketiga, kami berharap agar semua layanan Adminduk di lakukan di desa. Seperti pembuatan KK, KIA, KTP, dan yang lainnya,” tutupnya.

Setelah itu, audien berikutnya, Andi Sugara, juga memberi masukan terkait pemerataan J-Lahbako ke semua desa. Supaya bisa meminimalisir adanya calo.

“Sebab kalau pakai J-Lahbako, warga wajib datang sendiri ke desa. Jadi bisa mengurangi adanya calo,” usulnya.

Kasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jember, Agus Khusnul Mufid, menampung semua masukan itu. Dan akan di jadikan koreksi dan evaluasi agar kedepannya Dispendukcapil bisa lebih baik sesuai harapan masyarakat. (nul/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular