Berita  

Dinsos Bondowoso Gelar AGS, Bupati Salwa Ingatkan Peran Kaum Hawa

Narasinews.id
Kadinsos P3AKB Bondowoso, Anisatul Hamidah menyampaikan sambutan dalam sosialisasi pendampingan Alumni Grant Scheme Asutralian Award (AGS) pada  program Sekoper PKH, Selasa (24/5/2022).(Ubay/Narasinews.id)

Narasinesw.idBONDOWOSO – Dinas Sosial Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Kabupaten Bondowoso menggelar sosialisasi pendampingan Alumni Grant Scheme Asutralian Award (AGS) pada  program sekolah perempuan untuk peningkatan kualitas hidup (Sekoper PKH), Selasa (24/5/2022). Peserta acara tersebut adalah keluarga penerima manfaat (KPM) PKH.

Turut hadir dalam acara itu, Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin. Dalam sambutannya, Bupati Salwa mengatakan bahwa peran perempuan sangatlah penting dalam kehidupan sosial di tengah masyarakat.

banner 400x130

Menurutnya, perempuan memiliki peran penting dalam tatanan sosial. Baik dalam rumah tangga maupun pembangunan negara. “Program Sekoper PKH ini sangat bagus. Karena perempuan diperlakukan sebagaimana mestinya,” ucapnya.

Dengan Sekoper PKH tersebut, Bupati menilai problem seperti pernikahan dini, stunting dan permasalahan lain yang berkaitan dengan perempuan bisa lebih mudah teratasi. “Kita akan berkoordinasi dengan dinas terkait lain untuk hal ini,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Bondowoso, Anisatul Hamidah, mengungkapkan bahwa tujuan sosialisasi pendampingan Alumni Grant Scheme Asutralian Award (AGS) pada program Sekoper PKH tak lain untuk meningkatkan efektivitas program yang ia pimpin. Terutama terkait perempuan.

Anisatul menjabarkan, problem prevalensi stunting di Bondowoso saat ini masih menyentuh angka 37 persen. Itu terdiri dari beberapa indikator.

“Seperti sanitasi rumah, angka perkawinan anak, dan semacamnya. Di mana angka tersebut ditentukan oleh pusat,” bebernya.

Anis menjelaskan, sepanjang 2021 terdata 803 anak melakukan pernikahan dini. Sehingga hal itu menjadi keprihatinan pihaknya.

“Data kami dari Pengadilan Agama seperti itu. Hal ini juga menjadi ranah PA untuk memberikan dispensasi nikah untuk anak usia dini. Kami Dinsos P3AKB akan terus bersinergi dengan instansi terkait untuk mengatasi masalah ini,” pungkasnya (uby/ros)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.