Berita  

Dinkes Jember Pastikan CJH Berangkat dalam Keadaan Sehat

Narasinews.id
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, Lilik Lailiyah, saat diwawancarai awak media, Sabtu (18/6/2022). (Zainul Hasan/Narasinews.id)

Narasinews.idJEMBER – Dua hari sebelum berangkat ke tanah suci, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember melakukan test PCR kepada Calon Jemaah Haji (CJH). Hal itu dilakukan untuk memastikan kondisi fisik mereka benar-benar sehat dan steril dari virus.

Kepala Dinkes Jember, Lilik Lailiyah, mengatakan PCR yang dilakukan merupakan upaya pencegahan pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Dikhawatirkan salah satu diantara mereka ada yang terpapar.

banner 400x130

“Kalau saat diperiksa positif, maka kita akan segera memberikan pengobatan. Tapi kalau sudah vaksin, hasil swabnya negatif,” ucapnya kepada Jurnalis Narasinews.id, Sabtu (18/6/2022).

Lilik melanjutkan, tim medis sudah lakukan pembinaan di masing-masing wilayah. Harapannya, semua CJH melaksanakan anjuran yang diberikan oleh tim medis itu.

“Yang tak kalah penting itu bagaimana persiapan fisiknya. Karena sekarang ini masih musim panas sehingga perlu banyak vitamin, makan buah, dan minum yang cukup,” imbuhnya.

Di Mekkah, kata Lilik, CJH dianjurkan juga untuk menjaga stamina agar setiap sehat. Jangan sampai memaksakan diri mengeluarkan tenaga berlebihan sehingga saat tawaf tidak terlalu capek.

“Bawa oralit kesana juga lebih bagus. Itu untuk ketahanan tubuh,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Jemaah haji yang lunas sebanyak 868 orang. Petugas haji daerah (PHD) sebanyak 2 orang.

Cadangan berangkat lunas sebanyak 38 orang. Mutasi dari luar Provinsi sebanyak 6 orang. Mutasi masuk antar Kabupaten sebanyak 3 orang. Jamaah haji yang menyatakan tunda sebanyak 12 orang. Jadi total jemaah haji yang berangkat sebanyak 905 orang.

Pemberangkatan jemaah haji dibagi menjadi 3 kloter, yakni kloter 24, 26, dan 27.

Kloter 24 sebanyak 24 jemaah digabungkan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Situbondo. Dilepas dari Pendapa Wahya Wibawa Graha pada 20 Juni 2022, pukul 03.00 WIB.

Kloter 26 sebanyak 443 jemaah, akan dilepas dari Pendapa Wahya Wibawa Graha pada 21 Juni 2022, pukul 09.00 WIB.

Kloter 27, sebanyak 440 jemaah akan dilepas dari Pendapa Wahya Wibawa Graha pada 22 Juni 2022, pukul 10.00 WIB.(nul/ism)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.