BerandaPeristiwa DaerahDinilai Tak Berizin, Pembangunan Tambak di Tanjung Kamal Disetop

Dinilai Tak Berizin, Pembangunan Tambak di Tanjung Kamal Disetop

Narasinews.idSITUBONDO – Pembangunan tambak milik PT Mitra Lautan Mas yang berada di Dusun Tanjung Sari, Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran, Situbondo, terpaksa dihentikan sementara. Sebab tambak dengan luas sekitar 12 hektar itu belum mengantongi kelengkapan izin.

Ketua Komisi III DPRD Situbondo, Arifin,  mengatakan langkah tersebut diambil agar pihaknya mengetahui secara detail terkait dampak yang ditimbulkan dari pembangunan tambak tersebut. “Jika nantinya terjadi dampak lingkungan, maka apa yang harus dilakukan oleh pengusaha? Seperti kerusakan jalan dan kerusakan lingkungan yang lain,” ucapnya kepada awak media, Kamis (4/8/2022).

Legislator PPP ini menegaskan, dari audiensi yang digelar dengan pihak tambak dan jajaran OPD terkait, didapati pembangunan tambak tersebut belum mengantongi izin UKL-UPL, BBG, dan Amdal. “Yang jelas itu semua belum ada,” singkatnya.

Lebih lanjut, Legislator dua periode ini menegaskan, bila pemilik tambak tetap melanjutkan pembangunan, pihaknya akan mengambil langkah lebih tegas lagi. Yakni penutup permanen.

“Kalau seperti itu sama saja tidak menghargai terhadap kebijakan pemerintah daerah. Kami tidak mau menghalangi investor yang masuk ke Situbondo. Tetapi kewajiban mereka itu harus dipenuhi,” tukasnya.

Sementara itu, Komisaris PT Mitra Lautan Mas, Yudi, mengklaim pihaknya sudah mengajukan perizinan ke DPMPTDP setempat. “Kita juga sudah mengajukan izin Amdal ke DLH. Nah ini mau saya tanyakan kenapa kok seperti itu (tidak ada izin Amdal -red),” ucapnya.

Yudi menjelaskan, pihaknya akan melengkapi semua perizinan yang direkomendasikan oleh Komisi III DPRD Situbondo. “Untuk penghentian pembangunan, saya masih koordinasikan dengan ownernya,” bebernya.

Yudi menerangkan, pembangunan tambak tersebut baru berjalan sekitar satu minggu. “Kami hanya bangun jalan saja. Masih tidak ada pengurukan,” pungkasnya. (ros/liz)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular