BerandaNasionalDinas Ketahanan Pangan Jember Buka Rahasia Dapatkan Keuntungan Ganda untuk Petani

Dinas Ketahanan Pangan Jember Buka Rahasia Dapatkan Keuntungan Ganda untuk Petani

Narasinews.idJEMBERDinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jember meminta petani untuk melakukan berbagai inovasi agar pendapatan mereka meningkat. Di antaranya dengan membiasakan diri untuk tidak hanya menjual bahan mentah hasil pertanian. Melainkan hasil olahan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jember, Imam Sudarmaji. Menurutnya, langkah tersebut dapat membuat petani mendapatkan keuntungan ganda.

“Misalkan, untuk petani padi, jangan jual hasil taninya yang masih berbentuk padi. Tapi giling dulu menjadi beras. Dengan begitu nilai tawarnya akan lebih bagus,” imbuhnya.

Imam Sudarmaji pun mengaku siap memberikan dukungan terhadap warga yang hendak membuka usaha di bidang pertanian. Asalkan pelaku usahanya mampu mengurus perizinan yang ada.

“Kami itu memang ingin menggiatkan usaha dari hulu sampai hilir. Jadi bagi warga yang ingin membuat usaha, misalkan toko pertanian, silahkan langsung urus izinnya,” ucapnya pada acara Jember Hadir Untuk Rakyat (J-HUR) di Kecamatan Rambipuji, Jumat (25/3/2022).

Sementara, menurut Bupati Jember, Hendy Siswanto, pihaknya memang sudah berencana untuk terus meningkatkan kesejahteraan petani melalui bahan olahan lanjutan. Oleh sebab itu, petani yang berminat untuk menindak lanjuti kegiatan usahanya, Pemkab Jember akan senantiasa memberi dukungan.

“Saatnya Jember keren. Jangan mau menjual gabah saja. Karena itu untungnya tidak seberapa. Tapi proseslah dulu gabah itu menjadi bahan olahan. Sehingga perekonomian Jember akan tambah maju,” imbuhnya.

Pria nomor satu di Kota Tembakau ini sudah lama memimpikan seluruh petani mempunyai jiwa bisnis. Jangan hanya bertani kemudian menjual hasilnya tanpa diproses lebih lanjut.

“Karena itu dalam beberapa pertemuan dengan masyarakat, seperti J-HUR ini, saya sering menyampaikan agar mereka kreatif. Sehingga mempunyai daya saing yang tinggi. Tidak hanya sebagai petani biasa, melainkan sebagai petani yang berjiwa entrepreneur,” pungkasnya. (nul/ros).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular