BerandaNasionalBupatiDiajak Duel Sopir Pikap, Polantas Dapat Penghargaan

Diajak Duel Sopir Pikap, Polantas Dapat Penghargaan

Narasinesw.id-BONDOWOSO – Polisi lalu lintas Polres Bondowoso, Aipda Dedi Muniwanto, mendapatkan penghargaan dari Bupati Salwa Arifin dan Kapolres AKBP Wimboko, Senin (13/6/2022).

Penghargaan diberikan kepada Dedi lantaran tetap bersikap humanis kepada sopir pikap pengangkut hewan ternak yang mengajak adu jotos saat sedang sosialisasi PMK, hingga videonya viral. Bupati Salwa Arifin pun juga memberikan bonus hadiah penghargaan dari Bank Jatim.

Kapolres Bondowoso, AKBP Wimboko menerangkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pada personel atas dedikasinya dalam bersikap humanis menghadapi sopir pikap yang bersikap ‘koboi’ saat diberi sosialisasi PMK.

“Penghargaan diberikan atas dedikasi personel,” ungkap Wimboko.

Kapolres menegaskan kasus itu telah diselesaikan dengan metoda restorasi justice kepada pelaku.

Selain itu, sopir pikap juga telah diberikan sanksi melakukan azan dan mengaji satu juz di Masjid Polres Bondowoso.

Sementara itu, Aipda Dedy Muniwanto mengaku sangat senang diberi penghargaan ini. Kata dia menghadapi pengguna jalan yang emosi dan beragam adalah tantangan Polri.

“Di lapangan memang banyak tantangan.  Kadang-kadang menemui orang dengan temperamen tinggi, kita harus tetap sabar. Itu tantangan Polri saat di jalan,” ucap Dedi.

Pria kelahiran 8 Desember 1981 yang bertugas sebagai Polantas sejak 2014 ini mengaku, sebenarnya sudah tak mempermasalahkan saat dia diajak adu jotos oleh sopir pikap itu.

Namun, dia mengaku kaget, karena keesokan harinya videonya sudah viral, dan ramai diperbincangkan.

“Saya sudah tak mempermasalahkan, tapi kok sudah diunggah ke tiktok,” pungkas Dedi.

Untuk diketahui, sebelumnya viral video seorang anggota polisi lalu lintas Polres Bondowoso yang ditantang adu jotos oleh sopir pikap pengangkut hewan ternak di monumen Gerbong Maut atau depan kantor Pemda Bondowoso.

Karena ada pelanggaran lalu lintas, tidak membawa surat-surat lengkap, polisi pun hendak menilangnya. Namun si sopir tersebut menolakan ditilang.

Selain menolak untuk ditiling, si sopir mengolok-olok Polantas sambil menantang adu jotos. Pelaku juga mengambil bukti tilang, STNK milik pengendara lain yang ditilang.

Dalam kasus ini, pelaku berhasil ditangkap, namun hanya diberi sanksi azan dan mengaji, selain itu pelaku juga meminta maaf yang diabadikan lewat akun TikToknya.(ubay/ism)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular