BerandaNasionalCatat!!!, 7 Alat Kontrasepsi yang Disahkan di Jember

Catat!!!, 7 Alat Kontrasepsi yang Disahkan di Jember

Narasinews.idJEMBER – Alat Kontrasepsi memiliki beragam jenis. Namun, yang dibolehkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember hanya ada 7 macam. Yakni kondom, pil Keluarga Berencana (KB), suntik KB, susuk implan yang dipasang di lengan sebelah kiri bagian atas, Intra Uterine Device (IUD) dipasang dalam rahim, vasektomi yang dipasang pada laki-laki, dan tubektomi atau dikenal juga dengan istilah metode operasi wanita (MOW).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jember, Suprihandoko memaparkan, terkait implementasi Tubektumi, pihaknya bekerjasama dengan rumah sakit daerah (RSD) Dr Soebandi, untuk melakukan pelayanan bakti sosial (Baksos).

“Bersama dengan Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Provinsi Jawa Timur (Jatim), Kodim 0824 Jember, Dinas Kesehatan (Dinkes), dokter profesional dari RSPAD di Jakarta, dan tim medis yang diambil dari Lanut Iswahjudi,” ucapnya, Kamis (30/6/2022).

Kata Handoko, penggunaan alat kontrasepsi tubektomi itu diberikan secara gratis. Biaya ditanggung pemerintah daerah (Pemda) Jember menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB).

“Itu (Tubektomi -red) kalau bayar bisa Rp3 hingga Rp4 juta per orang. Ini justru di gratiskan oleh pemerintah. Jadi ini program sangat luar biasa,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Handoko bakal melibatkan Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari 5.625 anggota untuk menghimbau pasangan usia subur yang sudah tidak ingin punya anak lagi agar mendapatkan pelayanan gratis tersebut.

“Kita punya TPK yang tersebar di seluruh Kabupaten Jember. Mereka memang ditugaskan untuk mendampingi warga yang hendak menikah, ibu hamil, dan melahirkan,” pungkasnya. (nul/ros)Narasinews

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular