BerandaNasionalButuh Keberuntungan Agar Bisa Melihat Salju di Gunung Bromo

Butuh Keberuntungan Agar Bisa Melihat Salju di Gunung Bromo

Narasinews.idPROBOLINGGO – Beredar video viral di media sosial (Medsos) yang menunjukkan adanya fenomena langka di Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Yakni munculnya salju di Kawasan Lautan Pasir.

Namun butuh keberuntungan untuk melihat fenomena alam yang langka tersebut. tersebut. Sebab suhu udara di sekitar TNBTS ini sering berubah-ubah, sehingga kemunculan upas di Lautan Pasir ini hanya dalam kondisi cuaca tertentu saja.

Akan tetapi fenomena tersebut bisa di ketahui dengan tanda-tanda alam sebelumnya. Semisal dalam satu hari tidak ada guyuran hujan, dan suhu dingin di kawasan itu mencapai 19 hingga 9 derajat celcius pada pukul 18.00 WIB.

Bila itu terjadi, bisa dipastikan suhu pada malam hari bisa semakin menurun. Sehingga pada sekitar pukul 01.00 hingga 04.00 WIB, area disekitar Lautan Pasir akan tertutup salju.

Ketua Pospan Gunung Bromo, Wahyu, menjelaskan jika suhu terendah di gunung berapi tersebut akan berlangsung hingga akhir bulan Agustus mendatang.

“Memang jika pada awal memasuki musim kemarau, bisa di pastikan suhu di kawasan TNBTS ini menjadi sangat rendah,” ujarnya, Jumat (29/7/2022).

Menurutnya fenomena ini kerap terjadi setiap tahun. “Bahkan suhu terendah ini tidak hanya terjadi di Kawasan Gunung Bromo saja, namun juga terjadi pada Gunung Semeru juga,” bebernya.

Namun hal in tetap tidak menyurutkan minat pelaku wisata yang hendak berlibur ke Gunung Bromo. Salah satunya, Estiati, wisatawan asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini. Ia tidak begitu kecewa meskipun dirinya tidak dapat melihat salju di Kawasan Bromo.

“Ya meskipun saya tidak dapat melihat salju di sini, setidaknya kami masih bisa melihat dan sangat terhibur dengan pemandangan alam Gunung Bromo. Terlebih lagi kami masih bisa melihat momen matahari terbit dari puncak mas,” tutur wanita 52 tahun ini. (rap/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular