BerandaNasionalBupatiBupati Jember Tinjau Jembatan dengan Perkiraan Usia hingga 100 Tahun

Bupati Jember Tinjau Jembatan dengan Perkiraan Usia hingga 100 Tahun

Narasinews.idJEMBERBupati Jember, Hendy Siswanto, meninjau pembangunan Jembatan Klungkung di Kecamatan Sukorambi yang putus lantaran diterjang banjir besar tahun 2019 lalu. Jembatan tunggal yang menghubungkan Desa Klungkung dan Karang Pring tersebut diperkirakan bakal awet hingga 100 tahun mendatang.

Hendy mengatakan, Jembatan Klungkung merupakan akses satu-satunya yang menghubungkan dua desa tersebut. Bila putus, mau tidak mau warga harus putar arah dan melintasi jalan lain yang jaraknya mencapai 8 kilometer.

“Setelah hari raya Idul Fitri, pembangunan jembatan tersebut harus selesai. Kasihan warga. Tapi meskipun sudah selesai, belum bisa dilewati kendaraan besar karena masih basah. Jadi sementara hanya boleh dilewati kendaraan motor saja,” ucapnya dalam acara safari Ramadan Selasa (19/4/2022).

Adapun panjang jembatan itu, kata Hendy, mencapai 33 meter, dan lebar 8 meter. Sementara lebar pondasinya sekitar 2,5 meter.

“Ke depan semua jembatan yang ada di Kabupaten Jember akan direnovasi dengan konstruksi mirip Jembatan Klungkung. Namun semua tergantung ketersediaan anggaran. Kalau anggarannya cukup, maka Pemkab Jember pasti akan merekonstruksi seperti Jembatan Klungkung itu,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Jembatan Klungkung putus pada tahun 2019 karena diterjang banjir. Kemudian warga setempat membuat jembatan darurat sepanjang 20 meter dengan bahan kayu. Sayangnya, Senin (17/1/2022) petang, jembatan itu kembali di terjang banjir hingga putus.

Pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Hendy Siswanto pun memberikan perhatian khusus terhadap bangunan tersebut.  Jembatan Klungkung dimasukkan dalam proyek multiyears 2021-2022. (nul/ros).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular