BerandaNasionalBromo Bersalju, Wisatawan Terpikat

Bromo Bersalju, Wisatawan Terpikat

Narasinews.idPROBOLINGGO – Fenomena alam yang cukup langka terjadi di Wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kabupaten Probolinggo. Yakni munculnya salju di kawasan Lautan Pasir yang berada di kaki gunung berapi tersebut.

Salju tersebut muncul lantaran cuaca dingin dengan suhu yang mencapai 9 derajat celcius hingga 0 derajat celcius. Sehingga menyebabkan embun di kawasan TNBTS ini menjadi membeku.

Rudi, salah satu warga di Suku Tengger mengatakan, jika fenomena salju di wilayah setempat terbetuk karena sudah memasuki musim kemarau. Di mana curah hujan yang sedikit, sehingga membuat suhu di wilayah TNBTS menjadi sangat rendah.

“Saat ini kalau sudah memasuki pukul 18.00 WIB sudah mencapai 19 derajat, bisa dipastikan nanti pada pukul 01.00 WIB dini hari suhu bisa semakin turun hingga menjadi 9 derajat celcius mas. Dan saat itulah embun-embun di Lautan Pasir terbentuk mas,” ucap pria 52 tahun ini.

Fenomena tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Rudi membenarkan video viral yang memperlihatkan seseorang sedang mengumpulkan upas atau bunga es di meja salah satu warung yang ada di kawasan itu.

“Memang semenjak Senin, 25 Juli merupakan awal munculnya salju di Kawasan Bromo. Dan itu memang sangat bagus. Sebab mampu menarik minat pengunjung dari berbagai daerah, seperti Malang, Surabaya, Bekasi, bahkan Manado juga,” tambahnya.

Karena fenomena tersebut jasa penyewaan mobil Jeep di Kawasan Bromo dibanjiri pemesan. Bahkan dalam sehari Rudi mampu meraup untung hampir jutaan rupiah.

Sementara itu, Indah salah satu wisatawan asal Bekasi, Jawa Barat menjelaskan jika dirinya juga sangat penasaran dengan kemunculan salju tersebut. Sehingga ia rela jauh-jauh dari Bekasi bersama ke tiga temannya untuk memilih liburan ke Gunung Bromo.

“Ya penasaran sekali mas, makanya saya rela pagi-pagi sekali menyempatkan diri keluar dari kamar hotel untuk melihat matahari terbit, dan sekalian melihat salju di Bromo yang lagi viral itu mas. Saya memang sengaja tidak menggunakan jasa open trip mas, jadi ya saya berwisata ke sini dengan jalur mandiri,” pungkasnya. (rap/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular