Berita  

Blue Fire Diarak ke 4 Kabupaten pada Porprov VII

Narasinews.id
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar (dua dari kanan) saat menerima api obor PORPROV KE VII di halaman Wisma Wabup, jalan A.Yani. Senin (20/6/2022).(Ubay/Narasinews.id)

Narasinews.idBONDOWOSO-Api Biru Kawah Ijen Bondowoso menjadi api Kirab dalam pembukaan pekan olah raga provinsi (Porprov) ke VII. Kirab dimulai sekitar pukul 07.00. Startnya dari Pos Paltuding Kawah Ijen, Bondowoso, Senin (20/6/2022).

Tidak hanya di Bondowoso, Blue Fire (sebutan untuk Api Biru Kawah Ijen-red) juga akan diarak ke Situbondo, Lumajang, kemudian Jember.

banner 400x130

“Blue fire, sebagaimana kita tahu, hanya ada dua di dunia ini. Satu di Bondowoso, satunya lagi di Islandia,” kata Bupati Bondowoso, Salwa Arifin, usai menerima penyerahan api obor Porprov dari atlet di Pendapa Kabupaten.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso, Bambang Soekwanto, yang sekaligus menjadi Ketua Panitia Porprov Kabupaten, mengatakan bahwa Api Biru  Kawah Ijen sengaja dipilih agar memberikan dampak bagi Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.

“Karena api biru tersebut di dunia hanya ada dua. Salah satunya ada di Bondowoso ini,” ujar Bambang mengulangi pernyataan Bupati Bondowoso.

Di lain pihak, Wakil Ketua Umum III, Komite Olahraga Indonesia (KONI) Jawa Timur, Dedy Suhayadi, mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja mengambil api biru di Kawah Ijen sebagai upaya mendorong sport tourism di Jawa Timur. Khususnya Bondowoso yang menjadi tuan rumah Porprov tahun ini.

Untuk informasi, sebanyak 416 atlet asal Bondowoso yang akan berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VII.  Mereka membawa obor api biru Porprov.

Start dari Pos Paltuding dan Tiba di Kecamatan Kota (Bondowoso) sekitar pukul 15.00. Api biru diserahkan kepada Wakil Bupati, Irwan Bachtiar Rahmat, oleh Sekretaris Daerah Bondowoso, Bambang Soekwanto, di Wisma Wakil Bupati, Jalan Ahmad Yani.

Dari Wabup Irwan diserahkan kepada perwakilan atlet. Yang selanjutnya dikirab oleh ratusan atlet, drumband, hingga kesenian Singo Ulung, menuju Pendopo Kabupaten Bondowoso.

Api biru Porprov selanjutnya dibiarkan tetap menyala di Pendopo Kabupaten Bondowoso sebelum akhirnya diestafetkan ke Kabupaten Situbondo pada Selasa (21/6/2022) mendatang. (bay/liz)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.