BerandaNasionalBLT Migor Rp300 Ribu Akan Dibagikan kepada Masyarakat, Ini Syaratnya

BLT Migor Rp300 Ribu Akan Dibagikan kepada Masyarakat, Ini Syaratnya

Narasinews.idBONDOWOSO – Sejumlah warga akan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng (Migor). Nominalnya sekitar Rp300 ribu.

Menurut informasi, bantuan tersebut berasal pemerintah pusat. Tujuan dari bantuan itu tak lain untuk meringankan beban masyarakat. Mengingat harga Migor di Indonesia mengalami kenaikan cukup tinggi.

“Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan,” ujar Jokowi, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (1/4/2022).

Lebih lanjut, Presiden menuturkan bahwa bantuan akan diberikan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya. Jangka waktunya tiga bulan. Yakni April, Mei, dan Juni. Hanya saja pembayarannya dilakukan di muka. Yakni pada bulan April 2022 sebesar Rp300 ribu.

Kapan pencairan BLT Migor Rp300 ribu di Bondowoso?

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Dayasos, Qari’ah Jeny, penyaluran Bansos BLT Migor tersebut masih belum ada petunjuk teknis (Juknis) dari pusat. Kendati begitu, hendaknya masyarakat mengetahui terlebih dahulu apakah sudah terdaftar sebagai penerima bansos BPNT dan PKH. Berikut caranya:

1. Siapkan KTP

2. Buka cekbansos.kemensos.go.id di google atau crome

3. Masukkan data wilayah seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan

4. Masukkan nama lengkap sesuai KTP

5. Ketik 8 huruf kode captcha (dipisahkan spasi) yang tertera pada bagian “HURUF KODE”.

6. Periksa kembali apakah data yang dimasukkan sudah benar dan sesuai.

7. Jika sudah, klik tombol “CARI DATA”.

Sistem kemudian akan mencocokkan nama dan wilayah yang anda cari dengan data KPM Bansos 2022 yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI.

Jika nama anda ada di data DTKS Kemensos RI, maka sistem akan menampilkan data berupa nama KPM, umur, jenis Bansos, status ket, dan periode.

Untuk diketahui, jika nama anda terdaftar tapi tidak menerima bantuan, hendaknya bisa menghubungi pemerintah desa/kelurahan melalui operator SIG-NG  atau pendamping bansos. (uby/ros).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular