BerandaNasionalBermodal Rp6,5 Juta, Pengusaha Kambing Kaligesing Hasilkan Rp80 Juta Pertahun

Bermodal Rp6,5 Juta, Pengusaha Kambing Kaligesing Hasilkan Rp80 Juta Pertahun

Narasinews.idSITUBONDO – Luar biasa penghasilan Ghufron, warga Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan, Situbondo. Hanya dengan modal Rp6,5 juta, pria kelahiran Desa Trigonco, Asembagus ini bisa menghasilkan uang sekitar Rp80 juta pertahun. Pendapatan yang cukup tinggi itu ia peroleh dari beternak kambing Kaligesing.

Menurut pria yang akrab disapa Uuk Etawa ini, dirinya mulai berternak kambing Kaligesing sejak 2019 silam. Awalnya dia hanya membeli dua kambing dengan total harga Rp6,5 juta.

Namun siapa sangka, dari dua hewan ternak betina itu, lahir empat ekor anak kambing. Semua anak kambing itu lantas dijual. Hasil penjualan kembali dibelikan indukan.

Waktu terus berlalu. Kambing peliharaan Uuk Etawa semakin banyak. Bahkan mencapai puluhan ekor.

“Nah dalam kurun waktu satu tahun, modal saya sudah balik bekali-kali lipat. Hasil penjualan awal-awal itu saya belikan sepeda motor trail dan untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Dan Alhamdulillah cukup,” ujarnya.

Lebih lanjut, Uuk menjelaskan prosesnya beternak kambing Kaligesing. Kata dia, dirinya sengaja memilih kambing jenis itu karena bentuknya yang bagus dan pasarnya yang menjanjikan.

“Jadi semua itu berawal dari hobi. Dan alhamdulillah, hobi itu membawa berkah,” ucapnya.

Lebih jauh, pria 31 tahun ini menyampaikan, dari keuntungan Rp80 juta pertahun itu, dipotong biaya pakan dan perawatan Rp1 juta perbulan. “70 persen pengeluaran itu untuk biaya pakan, dan 30 persennya ongkos perawatan,” beber Uuk.

Uuk berharap ada perhatian khusus dari pemerintah daerah kepada para peternak kambing Kaligesing di Kota Santri Pancasila. “Kita sebenarnya sesama teman-teman peternak butuh wadah agar bisa saling silahturahmi. Istilahnya kita butuh semacam even atau kontes kambing Kaligesing. Di daerah lain, seperti Jember dan Banyuwangi ini sudah teragendakan kegiatan-kegiatan perlombaan,”  jelasnya. (liz)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular