BerandaNasionalBerikut Daftar 17 Desa yang Ikut Pilkades Serentak 2022 di Situbondo

Berikut Daftar 17 Desa yang Ikut Pilkades Serentak 2022 di Situbondo

Narasinews.idSITUBONDO – Pemilihan Kelapa Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 bakal digelar pada 6 Oktober mendatang. Data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Situbondo, ada 17 desa di 14 kecamatan yang bakal mengikuti pesta demokrasi 6 tahunan ini.

Yakni Desa Kalisari, Kecamatan Banyuglugur; Curahsuri, Kembangsari, Kecamatan Jatibanteng; Sumberejo, Kecamatan Besuki; Sumberagro, Kecamatan Sumbermalang; Selomukti, Kecamatan Mlandingan; Kendit, Tambak Ukir, Kecamatan Kendit.

Berikutnya, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan; Kotakan, Kecamatan Situbondo; Sliwung, Klampokan, Kecamatan Panji; Semiring, Kecamatan Mangaran; Curah Tatal, Kecamatan Arjasa; Pesanggrahan, Kecamatan Jangkar; Wringin Anom, Kecamatan Asembagus; dan Sumberejo Kecamatan Banyuputih.

Kepala DPMD Situbondo, Lutfi Joko Prihatin mengatakan, tahapan Pilkades serentak 2022 sudah memasuki pengumuman data pemilih sementara (DPS). “Nah untuk pendaftaran bakal calon kepala desa dimulai pada tanggal 1 hingga 11 Agustus 2022 mendatang,” ujarnya, Jumat (15/7/2022).

Mantan Kadinsos Situbondo ini melanjutkan, untuk pembentukan panitia Pilkades sudah selesai bulan Juni kemarin. “Kemudian untuk tanggal 13 sampai 15 Juli 2022 kita mulai pendataan pengumumam DPS, lalu ada tahapan pendaftaran pemilih tambahan,” tukasnya.

Eks Aktivis PMII ini mengungkapkan, setelah dilakukan penetapan calon kepala desa, akan ada kampanye selama tiga hari. Yakni mulai tanggal 21 sampai 23 September 2022.  “Setelah ada penetapan calon kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak, maka pelantikan akan dilakukan sekitar akhir bulan November. Antara tanggal 21 hingga 30 itu. Semoga tahapan demi tahapan ini bisa berjalan dengan lancar,” pungkas Lutfi. (ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular